Dunia perfilman nasional kehilangan sosok aktor kawakan. Selain dikenal sebagai aktor kawakan, Rudy Wowor yang juga penari dan koreografer ini meninggal dunia pada usia 74 tahun.

Kabar meninggalnya Rudy Wowor ini ramai menjadi perbincangan di media sosial dan perpesanan.

Dari beberapa pesan berantai tersebut berbunyi, "Sudah berpulang Rudy Wowor pagi ini 5 October 2018. Alamat rumah duka, kediaman Michael Wowor, putra Rudy Wowor: Perumahan Pesona Kahyangan blok DC no 3. Jl. Margonda Raya, Depok. Turut Berduka Cita."

Dari instagram sutradara Nia Dinata, menyampaikan ucapan bela sungkawa dalam instastory-nya dengan menyertakan gambar film Quickie Express yang juga dibintangi Rudy Wowor. "RIP Om Rudy Wowor", tulis caption dalam poster film tersebut.

Selain itu, aktor senior Roy Marten juga membenarkan kabar duka meninggalnya Rudy Wowor tersebut. "Ya, benar, beliau meninggal dunia," ujar Roy saat dihubungi Tirto via Whatsapp, Jumat (5/10/2018).

"Cuma maaf gak bisa ngelayat saya shooting di Bojong, Bogor," tambah Roy sambil tetap mengucapkan bela sungkawa atas kabar duka tersebut.

Pada awal 2017, Rudy sempat dikabarkan sakit sehingga sudah jarang tampil di layar televisi. Bahkan dia sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Saat ini, jenazah Rudy disemayamkan di kediaman anaknya, Michael Wowor di daerah Depok.

Rudy Wowor yang bernama asli Rudolf Canesius Soemolang Wowor dikenal sebagai aktor yang kerap berperan antagonis ini lahir di Amsterdam, 13 Desember 1943.

Aktor blasteran Belanda-Manado ini mengawali karier di dunia seni peran sejak tahun 1970-an. Film-film terkenal yang pernah dibintanginya antara lain Impian Perawan (1976), Aladin (1980), Tjoet Nja' Dhien (1986) dan Soerabaia '45 (1990). Bahkan pada dirinya pernah masuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik FFI 1988 melalui film Tjoet Nja' Dhien.

Selain akting, Rudy Wowor juga seorang penari dan koreografer. Tahun 2007, Rudy menjadi juri tetap acara realitas menari bertajuk Seleb Dance ANTV. Salah satu pagelaran yang dikoreograferi oleh Rudy adalah teater musikal berjudul Miss Kedaluwarsa yang beraksi di Gedung Kesenian Jakarta pada 24 sampai 27 Mei 2007.