Aktor India Rishi Kapoor Meninggal di Usia 67 Tahun

Oleh: Sirojul Khafid - 30 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Rishi Kapoor meninggal dunia pada usia 67 tahun.
tirto.id - Rishi Kapoor, salah satu aktor populer asal India meninggal dunia pada usia 67 tahun. Dilansir dari Variety, sebelum meninggal Kapoor mendapat perawatan di rumah sakit di Mumbai sejak hari Rabu (29/4/2020).

"Dia menderita kanker dan dia memiliki beberapa masalah pernapasan, jadi dia telah dirawat di rumah sakit," kata Randhir yang merupakan saudara Kapoor.

Kapoor meninggal pada Kamis (30/4/2020) pagi, sehari setelah kematian bintang India lainnya, Irrfan Khan. Kapoor pertama kali didiagnosis menderita kanker pada tahun 2018.

Dia sempat mendapat perawatan awal di New York, Amerika Serikat, sebelum kembali ke India pada akhir 2019. Sejak diagnosis kanker, Kapoor beberapa kali dirawat di rumah sakit akibat berbagai komplikasi.

Pihak keluarga membuat pernyataan, selama perawatan dua tahun itu, Kapoor tetap periang dan bersemangat untuk hidup. Beberapa orang yang bertemu dengannya juga kagum dengan tekadnya untuk sembuh.

“Keluarga, teman-teman, makanan, dan film tetap menjadi fokusnya,” demikian pernyataan keluarganya, seperti diwartakan The Hollywood Reporter.

“Di masa duka seperti ini, kami juga menyadari bahwa dunia sedang mengalami masa yang sangat sulit dan bermasalah. Ada banyak batasan gerakan dan berkumpul di depan umum. Kami ingin meminta semua penggemar dan simpatisan serta teman-teman keluarga untuk menghormati hukum yang berlaku."

Sekilas kisah hidup Rishi Kapoor

Rishi Kapoor lahir dan besar di Mumbai. Dia berasal dari keluarga yang berkegiatan di dunia akting. Kapoor merupakan anak aktor dan sutradara legendaris Raj Kapoor. Dia juga merupakan cucu pemain teater ikonik dan bintang film, Prithviraj. Kakaknya Rajiv dan Randhir serta pamannya Shashi dan Shammi juga merupakan aktor.

Kapoor mengawali terjun di dunia akting saat menjadi cameo di film ayahnya, Shree 420 (1955). Dia kemudian dikenal sebagai aktor cilik di film Mera Naam Joker (1970) yang juga merupakan garapan ayahnya. Saat menjelang dewasa, peran menjadi aktor utama pertama Kapoor berada di film Bobby (1973). Ayahnya merupakan sutradara film tersebut.

Sementara karir sebagai sutradara bermula pada film Aa Ab Laut Chalen (1999). Kapoor juga menjadi rekan main Amitabh Bachchan dalam beberapa film hitsnya seperti Amar Akbar Anthony (1977) dan Coolie (1983). Selain itu, aktingnya yang cukup sukses di film Agneepath (2012), Do Dooni Chaar (2010), Mulk (2018) dan Love Aaaj Kal (2020).

Kapoor menikahi Neetu Singh yang merupakan lawan mainnya di film Rafoo Chakar (1975). Penampilan terakhir Kapoor berada di film The Body (2019), sebuah remake dari film Spanyol dengan judul yang sama karya Oriol Paulo. Saat ini, Kapoor sedang berada dalam proses produksi film The Intern. Sampai saat ini, Kapoor telah berakting di lebih dari 100 film.

Berita kematian Kapoor menuai respons dari temen-temannya. Bachchan misalnya, di menulis di Twitter, "Dia pergi. Rishi Kapoor, pergi, baru saja meninggal. Aku hancur."

Sementara Aamir Khan mengucapkan di twitnya, "Kami telah kehilangan salah satu orang hebat hari ini. Seorang aktor yang luar biasa, seorang manusia yang luar biasa, dan 100 persen anak dari Bioskop. Terima kasih atas semua kegembiraan yang Anda bawa dalam hidup kami. Terima kasih telah menjadi aktor dan manusia seperti dulu. Kamu akan sangat dirindukan Rishiji. "


Baca juga artikel terkait RISHI KAPOOR atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight