Akhiri Kampanye di Jakarta, TKN: Kami Sengaja Pilih Daerah Lawan

Oleh: Felix Nathaniel - 19 Maret 2019
Jusuf Kalla akan ditugaskan untuk meraih suara di Indonesia bagian Timur.
tirto.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan memulai kampanye terbuka di daerah Banten dan melakukan penutupan kampanye di Gelora Bung Karno, Jakarta. TKN mengaku sengaja memilih daerah yang suara pendukung Jokowi-Ma'ruf masih rendah.

Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy menegaskan, kubunya tidak pernah gentar meskipun suara pendukung Prabowo-Sandiaga di DKI Jakarta lebih unggul daripada Jokowi-Ma'ruf.

"Itu bedanya kita sama Pak Prabowo. Pak Prabowo datang ke daerah yang pendukungnya banyak. Pak Jokowi datang ke daerah yang masih butuh konsolidasi," tegas Lukman di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Rencananya pada pembukaan kampanye terbuka di Banten, Jokowi akan hadir bersama Ma'ruf Amin. Keduanya akan kembali bertemu di Jakarta pada saat penutupan.

Lukman enggan merinci pihak mana saja yang akan ikut Jokowi-Maruf. Namun sebagian tim juga akan bergerak berpencar dari Jokowi-Ma'ruf. Jusuf Kalla misalnya, akan ditugaskan untuk meraih dukungan dari Indonesia bagian Timur.

"Kami kan bagi tugas. Ada menteri yang orang partai dan juga caleg-caleg DPR," ucapnya lagi.

Di sisi lain, Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Ahmad Muzani, memberikan sedikit bocoran mengenai zonasi wilayah kampanye terbuka yang akan diselenggarakan oleh timnya.

Menurut dia, BPN akan bergerak di Jakarta pada 7 April dan bergerak di Jawa Barat pada 13 April nanti.

"Kalau enggak salah, kita dapat kesempatan di Jakarta terakhir itu tanggal 7 April kalau enggak salah. Kemudian tanggal 13 ada kesempatan di Jawa Barat, sebelum malamnya debat," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (18/3/2019).


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto