Akbar Tanjung Sebut Menteri Pilihan Jokowi Harus Berintegritas

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 16 Agustus 2019
Menurut Akbar, menteri Jokowi juga harus punya pikiran yang sejalan dengan program sang presiden.
tirto.id - Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar Akbar Tanjung mengatakan, menteri-menteri pilihan Presiden Joko Widodo harus memiliki integritas tinggi, memiliki kemampuan manajemen dan cepat mengambil keputusan.

"Tentang orang-orang yang diharapkan menjadi pembantu beliau, orang-orang yang pertama tentu dari segi integritas, dari segi kompetensi, dari segi kemampuan manajemen, dan orang yang mengambil keputusan yang cepat," ujar Akbar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

Ia mengatakan, Jokowi harus memilih calon menteri yang bisa berkoordinasi dengan baik dengan masyarakat dan sesama lembaga. Selain itu, menteri Jokowi juga harus punya pikiran yang sejalan dengan programnya.

"Kan semangatnya harus sejalan dengan apa yang dia inginkan, dalam rangka menjadikan Indonesia maju, bersatu, sejahtera, dan SDM yang patut kita persiapkan dengan sebaik-baiknya untuk menyongsong berbagai perubahan di masyarakat," terang dia.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan susunan kabinet kerja jilid II telah selesai dan akan segera mengumumkan jajaran menteri barunya periode 2019-2024.

"Sudah siap dan bisa segera saya umumkan," kata Jokowi usai pertemuan dengan pemimpin redaksi media massa, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/8/2019).

Jokowi menyebut nama-nama menteri telah disampaikan kepada Ketua Umum partai politik pengusungnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Partai sudah diberitahu nama-nama anggota kabinet," katanya.

Dalam kesempatan berbeda ia juga pernah menyampaikan ada menteri muda yang akan dipilihnya. "Menteri ada yang usianya 25, di bawah 30, dan di bawah 35 tahun," kata dia.

Selain itu, Jokowi menyebut porsi untuk menteri dari kalangan profesional sebanyak 55 persen dan parpol sebanyak 45 persen.


Baca juga artikel terkait KABINET JOKOWI-MARUF atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight