Akan Diresmikan Jokowi, Pembangunan Halal Park Target Selesai 2020

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 16 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Halal Park akan berdiri di atas luas tanah 21.000 persegi. Pembangunannya ditargetkan selesai di tahun 2020.
tirto.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan sebuah Moslem District Destination, Halal Park yang berlokasi di Jakarta. Halal Park yang disebutkan Jokowi pada debat pemungkas Sabtu lalu itu ditaget sampung 2020.

Kawasan yang diresmikan Jokowi ini merupakan Miniatur Halal Park yang berlokasi di Jalan Pintu Satu Senayan, Area Gelora Bung Karno (samping Basketball Hall). Kawasan ini menurut panitia juga mengawali proses pembangunan Halal Park.

Dalam tahap pembangunan Halal Park, pemerintah menunjuk Kementerian BUMN sebagai koordinator pelaksana tugas bersama PT Wijaya Karya (WIKA).

“Halal Park akan berdiri di atas luas tanah 21.000 meter persegi, dengan konsep mengelaborasikan desain aktivitas berbasis konsep halal melalui adaptasi nilai-nilai keislaman yang digabungkan dengan budaya Nusantara. Pembangunan ini ditargetkan akan selesai di tahun 2020,” ucap Direktur Utama WIKA, Tumiyana dalam keterangan tertulis yang diterima reporter Tirto pada Selasa (16/4/2019).

Dalam perkembangannya, kawasan ini akan mengakomodir kebutuhan barang konsumsi halal, industri busana muslim berkembang sekaligus menjadi sentra media seni.


Langkah untuk membuka Halal Park ini dinilai sesuai dengan prediksi Indonesia yang akan menjadi top 10 ekonomi terbesar di dunia pada 2030. Berdasarkan standar Global Muslim Travel Index (GMTI), Indonesia menempati nomor satu wisata halal bersaing dengan 130 negara lainnya, termasuk Malaysia, Turki, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Qatar, Maroko, Bahrain, Oman, Brunei dan negara lainnya.

Pada Sabtu (13/4/2019) lalu, calon presiden nomor urut 01, Jokowi menyatakan, pemerintahan akan segera membuka wisata Halal Park yang berlokasi di Jakarta.

Dalam segmen ke-3 debat malam itu, Jokowi menjelaskan bahwa Halal Park nantinya dapat mendukung industri wisata syariah di Indonesia.

"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, kita punya kekuatan besar di keuangan syariah, dan saat ini kita dinobatkan sebagai negara nomor 1 di bidang wisata halal, maka sebentar lagi kita akan segera membuka Halal Park yang berlokasi di dekat GBK, Jakarta," kata Jokowi.


Baca juga artikel terkait HALAL PARK atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight