Hal ini dilakukan sebagai upaya mengedukasi kalangan muda di Indonesia untuk menyalurkan bakatnya ke arah yang positif seperti diterapkan di berbagai negara.

Dien Tirto Buwono dari Famous All Stars sebagai pencipta 1ID Music terut memberi tanggapannya terkait upaya ini, di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

"Peserta dari ajang ini tidak hanya akan berkompetisi merebut posisi final, tapi juga akan menerima serangkaian pelatihan skala internasional dari sederet pengalaman musik," katanya dilansir Antara.

Ia mencontohkan kesuksesan industri musik Korea menciptakan sebuah ekosistem dengan produktivitas yang konsisten merupakan kunci keberhasilan menjadi trend setter dunia.

"1ID Music diharapkan dapat mendukung perkembangan ekosistem industri musik Indonesia menjadi lebih stabil, sehingga talenta-talenta muda Indonesia dapat terus berkarya dan terekspose secara berkesinambungan," ujar Dien.

Ia mengatakan pendaftaran dibuka mulai 18 Juni 2019, serta akan ditutup pada 12 Juli 2019, sebanyak 30 finalis terpilih diumumkan pada 22 Juli 2019.

Dien juga meyampaikan pendaftar harus memiliki syarat pria warga negara Indonesia berusia 14-22 tahun yang memiliki talenta musik mumpuni seperti menyanyi, rap, dan menari.

Pendaftaran dilakukan secara online, dengan mengunggah video yang menunjukkan kemampuan menyanyi, rap sambil menari selama satu menit ke instagram dengan tag ke @1IDMusic dan menyertakan hashtag #1IDMusic #1IDMusicProject #1IDMusicCasting.

Dien berharap 1ID Music dapat menjadi tayangan yang memaksimalkan interaksi pendukung dengan peserta yang sedang berkompetisi.

"Setiap minggu, 1ID Music akan menayangkan episode berdurasi 50 menit dengan total 8 episode," ujar dia.

Pemenang akan dipilih dengan menggabungkan penilaian juri dan dukungan penonton. Kompetisi akan menyisakan lima pemenang pada akhir September 2019, serta berhak mendapatkan kontrak total senilai Rp2,5 miliar.


Patrick Effendy yang sebelumnya telah sukses menciptakan dan mengasuh CJR (Coboy Junior), digaet menjadi juri utama kompetisi sekaligus produser boy group ini. Sedangkan Sean Monteiro yang telah mencetak sukses lewat Trilogi Anak Artis serta Ibu-Ibu Hot akan menjadi sutradara reality show ini.

"Saat membentuk CJR, saya melakukan proses casting tertutup. Kali ini lewat 1ID Music saya ingin membuka peluang seluas-luasnya bagi publik yang berpotensi untuk menunjukkan bakatnya," kata Patric.