AirAsia Buka Rute Jakarta-Silangit, Berapa Harga Tiketnya?

Reporter: Selfie Miftahul Jannah, tirto.id - 2 Sep 2022 19:53 WIB
Dibaca Normal 1 menit
AirAsia Indonesia resmi membuka rute penerbangan baru Jakarta-Silangit mulai 2 September 2022.
tirto.id - PT Indonesia AirAsia (Tbk) membuka rute baru yaitu Jakarta-Silangit mulai Jumat (2/9/2022). CEO Capital A Tony Fernandes menjelaskan, rute ini sebelumnya akan dibuka pada 2020 namun rencana tersebut tertunda karena adanya pandemi.

"Silangit ini adalah area yang luar biasa, sebelumnya pembukaan rute ini terkendala oleh pandemi, baru kemudian setelah dua tahun baru bisa terealisasi," jelas dia dalam konferensi pers di Bandara Silangit Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (2/9/2022).

Dalam dua tahun ini AirAsia, kata Tony, sudah melalui masa bertahan yang begitu berat. Maka dari itu setelah melihat adanya perbaikan jumlah wisatawan di Indonesia perusahaan mulai lagi akan menambah beberapa rute baru yang berpotensi ramai.

"Kita menghabiskan 2 tahun ini struggle. Kemudian kita mulai lagi rute potensial misalnya Silangit-Jakarta di kawasan Danau Toba sebagai salah satu lokasi destinasi favorit. Kita menyadari dua tahun ini adalah waktu yang berat," kata dia.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine mengatakan, AirAsia masih melakukan pengkajian harga tiket untuk rute tersebut. Komponen harga ini masih bisa berubah tergantung jarak pemesanan dengan jadwal keberangkatan.

"Harga tiket ini kan juga tergantung dari bookingan-nya itu dilakukan kapan. Jadi tidak fix price ya, jadi semakin jauh, sebelum melakukan pembookingan tentu akan semakin murah," jelasnya.

Vera menjelaskan, penerbangan dengan rute baru Jakarta-Silangit akan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan jatah bagasi gratis 20 kg.

Rute ini akan meramaikan pasar penerbangan domestik sekaligus menghadirkan layanan transportasi udara yang mudah bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk terhubung dengan lebih banyak destinasi wisata lainnya.

“Kami sangat bersyukur menjadi bagian dari pengembangan pariwisata Indonesia melalui pembukaan rute-rute baru yang menghubungkan destinasi favorit turis lokal dan mancanegara," jelas dia.


=======

Addendum:

Judul berita diganti pada Sabtu, 3 September 2022 pukul 10.40 WIB dari "AirAsia Buka Rute Jakarta-Silangit, Harga Tiket Dijual Rp1,6 Juta" menjadi "AirAsia Buka Rute Jakarta-Silangit, Berapa Harga Tiketnya?". Selain itu, pihak Air Asia mencabut pernyataan soal perkiraan harga tiker Rp 1,6 juta, karena masih dalam pengkajian.



Baca juga artikel terkait TIKET AIRASIA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight