Air Asia Andalkan Diskon Hadapi Low Season

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 22 Februari 2019
Menghadapi masa low season, maskapai Air Asia menerapkan diskon dan promo untuk penerbangan internasional.
tirto.id - Maskapai Air Asia menerapkan diskon dan promo menghadapi masa low season pada Januari hingga Maret 2019.

Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Group, Dendy Kurniawan mengatakan, strategi yang dilakukan yaitu memperbanyak diskon penerbangan dengan rute internasional. Komposisi rute Air Asia, kata dia, 70 persen internasional dan 30 persen domestik.

"Kalau low season, bahkan kita selalu ada promo dan kebanyakan rute kita adalah rute internasional kita enggak kena tarif batas bawah, jadi selalu ada promo Rp100 ribu hingga Rp200 ribu," jelas dia usai hadir dalam acara kerjasama Air Asia dengan Bank Permata, di Menteng Jakarta Pusat, Jumat (22/2/2019).


Ia menjelaskan, langkah yang dilakukannya merupakan kebijakan dari maskapainya. Sekarang ini, kata dia, porsi biaya untuk avtur sebesar 40 persen saat operasional pesawat.

"Kemudian, berapa sih harga [tiket saat] avtur naik, anggap lah avtur naiknya dua kali lipat. Saya tanya tiket naik berapa persen. Ya 40 persen. Tapi kan kenaikan tiket itu bervariasi," kata dia.

Dendy juga mengatakan, tidak memberlakukan bagasi berbayar untuk penerbangan domestis. Sedangkan penerbangan internasional dikenakan tarif di atas 7 kilogram bagasi gratis yang diberikan kepada penumpang.

"Enggak ada [bagasi berbayar penerbangan domestik], karena domestik kita 30 persen, kalau internasional kan tetap bayar [bagasinya berbayar] yang free 7 kilogram," papar dia.


Baca juga artikel terkait TIKET PESAWAT atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali