Ahok Bahas Pembangunan Masjid Kalijodo Saat Ditemui Djarot

Oleh: Hendra Friana - 19 Juni 2017
Dibaca Normal 1 menit
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ditanya soal pembangunan masjid Kalijodo saat menemui mantan gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Rutan Mako Brimob.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menemui mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Sabtu (17/6/2017). Djarot mengatakan, pada pertemuan tersebut Ahok sempat menanyakan kondisi pembangunan masjid Al-Mubarokah di Kalijodo, Jakarta Utara.

"Karena waktu itu yang meletakkan batu pertama kan Pak Ahok, setelah peresmian (RPTRA) Kalijodo itu, baru kita bangun Masjid Al-Mubarokah ya. Ditanya, bagaimana masjid? Saya bilang alhamdulillah sudah saya udah termasuk ke badan wakaf itu kan masuk badan wakaf, selesai, dan sekarang lagi proses, gitu saya sampaikan," ungkapnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Masjid Jami Al Mubarokah merupakan bagian dari perencanaan kawasan Kalijodo tahap 2, dari total 4 tahap pembangunan di Kalijodo. Sebelumnya, pada awal Maret 2016, masjid tersebut dibongkar oleh Satpol-PP dan PPSU dalam rangka penertiban kawasan lokalisasi Kaljodo.

Setelah kawasan tersebut ditertibkan, Masjid Al-Mubarok kembali dibangun oleh Pemprov dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Ahok ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta pada Febuari 2017.

Djarot mengatakan, masjid tersebut ditargetkan selesai pada Oktober mendatang, sebelum dirinya digantikan oleh gubernur-wakil gubernur terpilih Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudi Uno.

"Ya, Oktoberlah kita resmikan," kata Djarot singkat.

Djarot menyampaikan, dalam pertemuan tersebut mereka sempat pula membicarakan perkembangan di Jakarta seperti penyediaan mesin Control Atmosphere Storage (CAS), pembangunan Rumah Susun (Rusun), simpang susun semanggi hingga penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.

"Karena dia kan enggak ngikutin berita, 'waduh saya nggak ngikutin berita'. Kalau untuk CAS-nya sudah kami resmiin, tinggal Jakgrosir. Termasuk simpang susun semanggi ditanyain, terus, koridor 13 ya itu juga ditanyakan. Kemudian tentang proses APBD seperti apa. Ya, biasa ngobrol," jelas Djarot.

Ahok juga mengucapkan selamat atas pelantikan Djarot sebagai gubernur Jakarta. Djarot mengatakan, awalnya ia ingin bertemu Ahok setelah resmi dilantik gubernur pada Kamis (15/6/2017). Namun, lantaran beberapa agenda yang tak bisa ditinggalkan, ia baru dapat menjenguk mantan rekan Pilkadanya itu pada Sabtu lalu.

"Kan sebetulnya setelah pelantikan saya janji ke sana. Tapi waktunya enggak nurutin gitu ya, jadi ya sudah hari Sabtu kemarin setelah kunjungan bersama Mendag dan Mentan gitu ke sana," pungkasnya.

Baca juga artikel terkait GUBERNUR DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Maya Saputri
DarkLight