Agus Martowardojo Jadi Komisaris Utama Tokopedia

Oleh: Damianus Andreas - 10 Januari 2019
Bergabungnya Agus Martowardojo ke dalam Dewan Komisaris Tokopedia akan sangat berharga dalam membina para pemimpin dan institusi Tokopedia.
tirto.id - Tokopedia mengumumkan Agus Martowardojo sebagai komisaris utama. Sosok Agus Martowardojo sendiri merupakan Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2013-2018, serta sempat menjadi menteri keuangan pada 2010-2013 dan juga Direktur Utama Bank Mandiri pada 2005-2010.

Menurut CEO Tokopedia William Tanuwijaya, bergabungnya Agus Martowardojo ke dalam Dewan Komisaris Tokopedia akan sangat berharga dalam membina para pemimpin dan institusi Tokopedia.

“Kehadiran Pak Agus akan memperkuat momentum kinerja perusahaan yang tengah memasuki tahun ke-10 dalam mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital,” kata William dalam keterangan resminya yang diterima Tirto, Kamis (10/1/2019).

Tokopedia menilai sosok Agus Martowardojo telah berhasil memelihara stabilitas dan ketahanan perekonomian Indonesia melalui sejumlah cara. Di antaranya dengan pengelolaan bauran kebijakan moneter, makro prudensial, sistem pembayaran, serta peredaran uang rupiah yang kredibel.

Kiprah Agus dalam sektor ekonomi selama lebih dari 30 tahun itulah yang lantas diyakini Tokopedia bakal berdampak positif, lantaran perusahaan saat ini tengah memasuki fase pertumbuhan baru.

Tokopedia sendiri mengklaim saat ini mereka tengah mengembangkan ekosistemnya menjadi infrastructure-as-a-service dalam memberdayakan dan memperkuat perekonomian Indonesia secara inklusif, baik online maupun offline.

Agus Martowardojo yang telah terpilih menyatakan kesediaannya untuk berkontribusi di Tokopedia. Hal itu, kata dia, mengacu pada pengalamannya selama ini. Ia pun mengaku siap untuk mendukung cita-cita perusahaan dalam mendorong pengembangan ekonomi yang inklusif.

“Saya melihat Tokopedia sangat konsisten memberdayakan masyarakat melalui teknologi, sehingga perekonomian Indonesia dapat terus tumbuh secara kuat, seimbang, dan berkesinambungan,” ujar Agus.

Selama kariernya, Agus sendiri pernah mendapatkan sejumlah penghargaan, di antaranya Gubernur Bank Sentral Terbaik se-Asia Pasifik dari Majalah Global Markets (EuroMoney) pada 2017, Finance Minister of the Year untuk Asia Pasifik dari The Banker (Financial Times) pada 2012, dan Asia’s Best Executive dari AsiaMoney pada 2006.


Baca juga artikel terkait TOKOPEDIA atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight