Advan G5: Harga dan Spesifikasi dengan Fitur Triple Camera

Kontributor: Ahmad Efendi - 18 Mei 2022 16:20 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Spesifikasi Advan G5 bersaing di kelasnya yang ditunjang dengan fitur-fitur canggih. Harga Advan G5 pun kompetitif. Berikut ini ulasan singkat Advan G5.
tirto.id - Advan G5 adalah salah satu hp Android populer pada masanya lantaran menawarkan harga dan spesifikasi terbaik di kelasnya serta andalkan fitur triple camera.

Advan mengumumkan Advan G5 yang dilengkapi dengan fitur tiga kamera belakang (triple camera) pada Mei 2020 lalu. Dikutip dari situs resmi Advan, kamera jelas menjadi fitur yang paling ditonjolkan pada gawai ini.

Triple Camera Advan G5 menggunakan sensor 13MP dilengkapi fitur AF yang diklaim mampu menyajikan gambar lebih tajam dan detail. Dilengkapi 500 mA Highlight Flashlight, perangkat ini juga mampu merekam foto tetap jelas pada malam hari.

Tidak hanya kamera belakang, Advan G5 pun menawarkan pengalaman foto selfie dengan sensor 5MP. Kamera depan ini memiliki aperture f/2.2 yang dapat menjaring cahaya masuk dan menyebarkannya secara merata untuk hasil foto diri yang lebih baik.

Selain itu, Advan G5 juga dibekali algoritma kecantikan pintar yang bisa mendeteksi karakter wajah dan menerjemahkannya ke dalam swafoto yang lebih natural. Sensor kamera ini juga didukung Face AE technology yang secara otomatis mengenali detil wajah untuk sistem keamanan Face ID.

Konfigurasi 4GB RAM dan 32GB ROM memberikan pengalaman bermain game lebih lancar dengan ruang penyimpanan yang luas. Perangkat ini juga menyertakan slot memori yang terpisah dari kartu SIM, serta memberi keleluasaan bagi pengguna untuk menambahkan kartu memori berjenis microSD.


Terkait performa, Advan G5 masih mengandalkan chipset besutan Spreadtrum yang kurang populer dibanding Qualcomm maupun Mediatek. Ponsel ini memakai prosesor Octa-core yang tersusun oleh ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 1.6GHz + 1.2GHz.

Panel layar water-drop HD+ 6.2” dari Advan G5 memiliki rasio aspek 18:9. Layar dengan konsep waterdrop ini menghadirkan area pandang yang luas dan sangat nyaman di mata.

Untuk memenuhi kebutuhan daya pengguna dalam aktivitas sehari-hari, Advan G5 dibekali baterai sebesar 4.000 mAh yang didukung high voltage 4.35V, 0.2C, dan menawarkaan daya tahan yang cukup lama.

Harga dan Spesifikasi Advan G5


Advan G5 hadir dalam pilihan warna White Green dan Blue Purple pada bodi dengan ketebalan 9,6mm. Saat pertama kali diperkenalkan, perangkat ini dijual dengan harga Rp 1.399.000.

Berikut ini spesifikasi Advan G5:

  • Dimension: 156.3*75.14*9.6mm
  • Display: 6.217”18:9 HD+ , 2.5D Glass,Water-drop
  • CPU: SC9863A Octa A55 1.6GHz+1.2GHz
  • RAM 4GB
  • Internal Memory: 32GB
  • Front camera: 5MP F/2.2
  • Rear camera: 13MP AF F/2.2 + 0.3MP + 0.3MP, with 500mA true flash
  • Security: 0.2C Face ID
  • OS: Android 10.0
  • Dual SIM Cards
  • Networks: GSM: 900/1800MHz | WCDMA: 900/2100MHz. FDD: B1,B3,B5,B8 TDD: B40
  • Connectivity: Bluetooth 4.2 Wifi: 802.11 b/g/n
  • Sensor: P-Sensor/L-Sensor /OTG/G-Sensor GPS
  • Battery: 4000mAh 4.35V high voltage
  • Bonus: Advan Start Go TWS 2

Fitur dan Kelebihan Advan G5


Berkaca dari spesifikasi Advan G5, setidaknya ada empat fitur yang patut Anda pertimbangkan atau menjadi alasan sebelum membeli perangkat ini, yaitu sebagai berikut:

1. Penyimpanan Lega

Perangkat dengan layar 6,2 inci resolusi HD itu tertanam memori cukup lapang bagi ponsel di kelas entry-level yaitu 4GB untuk RAM dan 32GB untuk ROM. Artinya, Advan G5 cukup gegas saat dipakai dalam kondisi multitasking dan membuka banyak aplikasi sekaligus, termasuk untuk menyimpan lebih banyak foto, video, dokumen, dan sejenisnya yang membutuhkan kapasitas penyimpanan besar.

2. Kapasitas Baterai Besar

Advan G5 punya kapasitas baterai besar yaitu 4.000mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, ada banyak hal yang bisa lebih dinikmati oleh pengguna Advan G5, misalnya, lebih lama menonton video, lebih lama menikmati musik, lebih lama untuk main game, dan sejenisnya, karena aktivitas-aktivitas itu terkait komsumsi baterai.

3. Kamera Canggih

Advan G5 punya satu kamera selfie berkekuatan 5MP bukaan f/2.2 yang ditampung di dalam notch layarnya. Kamera depan ponsel ini punya fitur Beautification didukung AI serta teknologi Face AE untuk sistem keamanan Face ID. Sementara di belakang, tersemat tiga kamera dengan sensor utama sebesar 13MP dan dua kamera lainnya masing-masing beresolusi 0,3MP.

4. Performa Tangguh

Untuk urusan dapur pacu, Advan G5 menggunakan chipset ARM Cortex-A55 berkonsep octa-core dengan kecepatan 1.6 GHz + 1.2 GHz. Performanya kian gegas lantaran disandingkan dengan RAM lega dan ROM lapang. Secara sekilas, apa yang dimiliki Advan G5 juga tersedia di ponsel merek lain. Akan tetapi, harga Advan G5 patut dipertimbangkan lantaran cukup menggoda untuk kelas ponsel entry-level.

Baca juga artikel terkait ADVAN G5 atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Iswara N Raditya
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight