Ada Sinyal Bertambahnya Parpol, Golkar Klaim KIK Masih Solid

Oleh: Bayu Septianto - 26 Juli 2019
Ace Hasan Syadzily tegas menyatakan bahwa koalisinya masih nyaman dengan komposisi lima partai di dalam parlemen dan lima partai di luar parlemen.
tirto.id -
Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily memastikan sampai saat ini Koalisi Indonesia Kerja (KIK) masih solid, meski Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan resmi dibubarkan pada Jumat (26/7/2019) sore nanti.

Terkait adanya sinyal bahwa akan bertambahnya partai politik di barisan pendukung pemerintah, Ace tegas menyatakan bahwa koalisinya masih nyaman dengan komposisi lima partai di dalam parlemen dan lima partai di luar parlemen.

"Koalisi Indonesia Kerja (KIK) saat ini sudah solid dan nyaman," kata Ace saat dihubungi, Jumat (26/7/2019).

Soal penambahan partai di KIK, menurut Ace masih harus dibicarakan lebih lanjut baik dengan partai koalisi maupun dengan Jokowi sebagai pemegang hak prerogatif.

"Soal penambahan partai, tentu nanti akan dibicarakan bersama para Ketua Umum partai politik pendukung pemerintah," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jendral Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Johnny G Plate mengatakan usai pembubaran TKN dilakukan, sekretaris jendral partai koalisi akan mengadakan pertemuan secara internal. Pertemuan itu akan dilakukan pada pukul 19.00 WIB namun Plate belum mengungkapkan di mana pertemuan tersebut dilakukan.

"Jadi ada dua acaranya, pertemuan selesai tugas TKN jam empat kemudian jam tujuh pertemuan para sekjen internal. Yang hadir hanya sekjen-sekjen, itu besok (Jumat, 26/7/2019)," ujar Plate di Jakarta, Kamis (25/7/2019).


Baca juga artikel terkait KOALISI PARPOL atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight