Hari Anak Nasional 2021

Ada Anak Bertanya ke Jokowi: Jadi Presiden Ngapain Aja?

Oleh: Andrian Pratama Taher - 23 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Dalam momen Hari Anak Nasional 2021, Jokowi mengaku pekerjaannya lebih sering memimpin rapat dan mengecek infrastruktur.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mendapatkan pertanyaan dari seorang siswa SD terkait apa yang dikerjakannya sebagai presiden.

Pertanyaan itu dilontarkan saat Jokowi menyapa secara virtual siswa-siswi SD Negeri 5 Sudimara, Banyumas, Jawa Tengah dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional 2021. Dalam video yang disiarkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jumat (23/7/2021), Jokowi awalnya menjelaskan soal pembatalan sekolah tatap muka.

Tiba-tiba saja, terdengar pertanyaan dari seorang siswa "Kalau jadi presiden ngapain aja?"

"Iya pak, ngapain aja? tanya anak yang lainnya.

Jokowi lantas tertawa sejenak. Ia kemudian menjawab bila pekerjaannya lebih banyak memimpin rapat dan meninjau infrastruktur.

"Ya memimpin rapat dengan menteri-menteri kemudian pergi ke Aceh sampai ke Papua untuk mengecek itu, mengecek jalan bagus ndak, mengecek waduk-waduk, mengecek pelabuhan, mengecek airport. Gitu," jawab Jokowi sambil tersenyum.

Jokowi langsung mengalihkan kembali topik pembicaraan soal penanganan pandemi COVID-19. Ia mengingatkan agar anak-anak Indonesia untuk tetap memakai masker saat keluar rumah. Ia juga mengingatkan agar anak-anak menjaga jarak.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun meminta anak-anak untuk tetap semangat belajar dan berdoa di masa pandemi, meski sekolah belum bisa dilakukan tatap muka.

"Anak-anakku semua adalah masa depan Indonesia. Harus tetap semangat belajar, dan terus lah teruslah bergembira, rajin beribadah, jangan lupa juga berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon perlindungan bagi kita semua, bagi bangsa Indonesia," kata Jokowi.

"Selamat Hari Anak Nasional untuk semua anak-anakku di Indonesia, anak-anak terlindungi, Indonesia maju," lanjut Jokowi.

Jokowi juga sempat mendengarkan keluhan seorang anak yang jenuh karena terlalu lama belajar di rumah. Jokowi pun berjanji akan membuka belajar tatap muka bila kasus COVID-19 sudah turun.

“Kalau pandemi virus Corona ini sudah membaik, sudah turun [jumlah kasus aktifnya]. Nah, kita akan buka belajar tatap muka. Begitu,” jelas Jokowi.


Baca juga artikel terkait HARI ANAK NASIONAL 2021 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto
DarkLight