Acungan Satu Jari Warnai Peresmian MRT Fase I

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 24 Maret 2019
Acungan tangan Jokowi itu terjadi saat masyarakat yang hadir peresmian MTR diminta tunjuk jari jika setuju dengan rencana Jokowi untuk memulai pembangunan MRT rute timur ke barat tahun ini.
tirto.id - Acungan satu jari terlihat dalam peresmian MRT Fase I di Bundaran HI, Jakarta. Di atas panggung peresmian tampak terlihat sejumlah orang berbaju putih mengacungkan jari telunjuknya ke udara.

Seperti diketahui acungan satu jari merupakan simbol yang erat kaitannya dengan nomor urut pasangan calon Joko Widodo - Ma'ruf Amin dalam pemilihan presiden 2019.

Mereka yang mengacungkannya satu jari kerap dikaitkan sebagai pernyataan dukungan terhadap paslon nomor urut 01 itu.

Acungan jari itu bermula ketika Presiden Joko Widodo yang juga merupakan petahana mengajak masyarakat mengacungkan jari telunjuknya dalam acara peresmian itu.

Di hadapan masyarakat Jokowi menyerukan mengenai rencana penyelesaian MRT rute Barat-Timur dan LRT yang diharapkan rampung pada tahun ini.

"Tahun ini, tadi saya sudah perintahkan untuk memulai yang rute timur ke barat juga dimulai tahun ini. Setuju tidak? Yang setuju tunjuk jari," ucap Jokowi dalam pidatonya sambil diiringi dengan respon gestur tangan warga terhadap pertanyaan itu.

"Siapa yang setuju LRT juga diselesaikan?," ucap Jokowi di akhir pidatonya.

Di dalam sambutannya Jokowi juga mengutarakan rencana pemerintah untuk segera memulai fase dua MRT dalam waktu dekat.

Fase ke-II MRT itu nantinya akan mencangkup Jakarta wilayah utara.

"Ini baru fase pertama. Kami juga canangkan fase kedua utara," ucap Jokowi.

Dalam pidatonya Jokowi meminta agar pembangunan LRT segera dirampungkan. Hingga akhir tahun ini Jokowi mencanangkan LRT dapat tersambung dengan wilayah Depok dan Bekasi.


Baca juga artikel terkait KERETA MRT atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Nur Hidayah Perwitasari