Aceh Diguncang Gempa 5,0 SR Kamis Dini Hari, Tak Berpotensi Tsunami

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 18 April 2019
Gempa berkekuatan 5,0 SR mengguncang wilayah Aceh dan sekitarnya pada Kamis dini hari, namun gempa tidak berpotensi tsunami.
tirto.id - Gempa bumi berkekuatan 5,0 pada skala Richter mengguncang wilayah Aceh dan sekitarnya pada Kamis (18/4/2019) dini hari, namun gempa tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), di Jakarta, Kamis (18/4/2019) menyebutkan, gempa bumi terjadi pada sekitar pukul 04.16.46 WIB.

Titik koordinat gempa berada di 3,25 derajat Lintang Utara dan 92,79 derajad Bujur Timur, sementara kedalaman pusat gempa berada pada jarak 10 kilometer.

BMKG juga menyebutkan, pusat gempa berada di 346 km barat daya Calang, Aceh Jaya, 380 km barat daya Banda Aceh. Lalu jarak 383 kilometer dari Jantho-Aceh Besar dan barat daya Meulaboh-Aceh Barat, serta 1878 km barat laut Jakarta.


Hingga berita ini diturunkan, BMKG menyatakan, belum ada informasi dampak yang terjadi akibat gempa tersebut, baik kerusakan bangunan atau adanya korban jiwa dalam kejadian itu.

Aceh merupakan salah satu provinsi dengan intensitas gempa yang tinggi di Indonesia, karena berada di bentangan Patahan Semangko atau Sesar Sumatera, yakni patahan gempa sepanjang 1.900 kilometer terbentang dari Aceh hingga Teluk Semangko di Provinsi Lampung.

Aceh juga berada di dekat pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia.


Baca juga artikel terkait GEMPA ACEH atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Maya Saputri