Abdulla Yusuf Helal Pemain Asing Baru Persija Pengganti Marko Simic

Penulis: Fitra Firdaus, tirto.id - 20 Jul 2022 17:55 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Abdulla Yusuf Helal pemain asing baru Persija pengganti Marko Simic. Cek posisi, harga, dan data statistik Yusuf Helal di Transfermarkt.
tirto.id - Abdulla Yusuf Helal, pemain asing baru Persija, melengkapi daftar penggawa Macan Kemayoran asal luar negeri setelah Ondřej Kúdela, Michael Krmenčík (Republik Ceko), dan Hanno Behrens (Jerman). Abdulla Yusuf Helal yang memiliki posisi penyerang akan menjadi pengganti Marko Simic. Sosok yang bakal mengenakan nomor punggung 9 itu sebelumnya berkarier di Slavia Praha.

"Abdulla Yusuf Helal resmi dikontrak selama 3 tahun dan akan menggunakan nomor punggung 9 di Persija Jakarta," pengumuman Persija melalui akun instagram mereka pada Rabu (20/7/2022).

Dikutip dari laman resmi Persija, sosok yang menggunakan nama Yusuf di jerseynya ini digunakan Macan Kemayoran untuk mengisi slot regional Asia. Ia disebut sebagai kepingan puzzle asing terakhir Persija, mengingat kuota untuk penggawa luar negeri adalah 3 pemain asing bebas konfederasi, dan 1 pemain asal Asia.




Yusuf Helal yang kelahiran 12 Juni 1993 ini memiliki tinggi ideal untuk seorang penyerang, yaitu 1,94 m yang membuatnya bakal tangguh untuk duel-duel udara. Yusuf sendiri merupakan anggota Tim Nasional Bahrain. Ia sudah berkarier di level internasional sejak 2012, membela negaranya 55 kali dengan catatan 5 gol.

Yusuf Helal mengawali karier profesional di negaranya dengan membela klub lokal East Riffa. Ia kemudian sempat berseragam Al Muharraq. Di klub inilah Yusuf turut mencicipi gelar juara Liga Bahrain 2017/2018.

Karier Yusuf Helal berlanjut dengan menjajal liga luar negeri, tepatnya Republik Ceko. Ia masuk ke Fortuna Liga, kompetisi tertinggi di negara tersebut, dimulai dengan Bohemians 1905 (2018/2019).

Berdasarkan data Transfermarkt, pada musim tersebut, Yusuf Helal tampil 20 kali di Fortuna Liga dengan mencetak 5 gol dan 3 assist. Secara keseluruhan, ia membela Bohemians 29 kali di semua kompetisi.

Sebenarnya pada pertengahan musim, Yusuf Helal direkrut Slavia Praha. Namun, ia baru bergabung ke klub ibukota Ceko itu pada musim berikutnya. Di Slavia, sang penyerang tampil 23 kali di semua kompetisi.

Yusuf Helal mencetak sejarah unik, ketika membela Slavia Praha menghadapi Internazionale di Liga Champions 2019/2022, tepatnya pada September 2019. Ia menjadi pemain pertama dari Gulf Cooperation Council (GCC) yang bisa tampil di UCL.


Musim berikutnya, Yusuf Helal dipinjamkan ke Slovan Liberec oleh Slavia Praha. Di Liberec, Helal tercatat ditampilkan 5 kali dalam ajang Europa League 2020/2021 dengan mengumpulkan total 364 menit. Ia bahkan mencetak 1 gol di kompetisi level dua di Eropa itu.

Musim 2021/2022 lalu, Yusuf Helal masih dipinjamkan di Slovan Liberec. Ia mencetak 3 gol dan menyumbang 2 assist dari 17 penampilan di Fortuna Liga. Kini, Yusuf akan bergabung ke Persija Jakarta, tim yang sedang melakukan banyak perbaikan menuju Liga 1 2022/2023.



Abdulla Yusuf Helal Pemain Asing Persija Pengganti Marko Simic


Pelatih Persija, Thomas Doll, optimistis dengan keberadaan Yusuf Helal. Ia memperkirakan lini depan Macan Kemayoran bakal lebih tajam.

“Saya senang akhirnya tim ini sudah komplet. Dia seorang pemain yang memiliki mentalitas tinggi dan saya harap dia bisa menambah variasi serangan tim,” kata Thomas Doll dikutip laman resmi Persija.

Kehadiran Yusuf Helal penting bagi Persija yang mulai musim ini tidak lagi diperkuat Marko Simic. Selama 4 musim beruntun, Macan Kemayoran mengandalkan sang penyerang asal Kroasia.

Pada musim lalu saja, Simic tercatat mencetak 14 gol dari 27 penampilan untuk Persija. Ketajaman Simic tidak terbantahkan karena ia membantu Macan Kemayoran jadi juara Liga 1 2018 dengan total 28 gol dari 32 penampilan.

Posisi Abdulla Yusuf Helal & Statistik di Transfermarkt


Berikut ini statistik Abdulla Yusuf Helal berdasarkan data dan statistik di Transfermarkt.


Klub Musim Kompetisi Main Gol
Bohemians 2018–19 Fortuna Liga 29 5
Slavia Praha 2019–20 23 2
2020–21 9 1
Slovan Liberec 2020–21 17 4
2021–22 19 3

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight