9 Manfaat Makan Es Krim untuk Kesehatan: Bisa Cegah Kanker Payudara

Oleh: Meigitaria Sanita - 22 Juli 2020
Dibaca Normal 2 menit
Manfaat makan es krim untuk kesehatan: bisa mencegah kanker payudara, meningkatkan mood, hingga menurunkan berat badan.
tirto.id - Es krim merupakan salah satu makanan penutup yang menjadi favorit karena rasanya yang enak, menyegarkan dan disukai semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa.

Namun, sebagian orang merasa khawatir ketika mengonsumsi es krim karena kandungan gula yang tinggi, sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan lainnya.

Padahal jika mengonsumsi es krim dengan porsi yang tepat akan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuhJsalah satunya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat es krim untuk kesehatan

Berikut ini manfaat makan es krim untuk kesehatan tubuh seperti dilansir dari laman Parenting Firstcry:

1. Kaya akan vitamin dan mineral

Komposisi susu pada es krim mengandung vitamin D, vitamin A, kalsium, fosfor, dan riboflavin. Itu berarti setiap mengonsumsi es krim, tubuh akan memperoleh manfaat vitamin tersebut.

Es krim yang mengandung dark chocolate salah satu sumber antioksidan dan flavonoid. Kandungan tersebut membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Sumber energi

Kandungan gula pada es krim memberikan energi bagi tubuh. Maka jika merasa lelah, cukup nikmati sesendok es krim.

3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Es krim adalah salah satu makanan yang difermentasi. Makanan fermentasi bermanfaat untuk kesehatan pernapasan dan pencernaan.

Sistem pernapasan dan kesehatan usus yang baik akan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Membantu merangsang otak

Makan es krim dapat membantu merangsang otak sehingga membuat seseorang menjadi cerdas. Salah satu studi menyebutkan orang yang mengonsumsi es krim setiap pagi akan lebih waspada.

5. Memperbaiki mood

Ketika merasa sedih, sebaiknya makanlah es krim. Saat mengonsumsi es krim, tubuh akan menghasilkan hormon serotonin. Hormon ini akan memberikan rasa bahagia.

6. Meningkatkan libido

Mengonsumsi es krim secara teratur akan meningkatkan libido. Dengan makan es krim maka menaikkan sirkulasi oksigen ke jaringan, serta akan menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga kadar testosteron.

7. Bisa mencegah kanker payudara

Penyebab kanker payudara salah satunya adalah kurangnya kalsium dalam tubuh. Kandungan susu memberikan banyak kalsium pada tubuh sehingga bisa menurunkan risiko kanker payudara.

8. Meningkatkan Kesuburan

Jika sedang melakukan program hamil, makan makanan penutup tinggi lemak seperti es krim bisa membantu.

Dalam sebuah penelitian terbukti bahwa wanita yang mengonsumsi produk susu tinggi lemak memiliki tingkat kesuburan yang lebih baik dibandingkan yang tidak.

9. Membantu menurunkan berat badan

Mungkin sebagian orang tidak percaya, tapi makan es krim memang dapat membantu menurunkan berat badan. Alasannya sederhana, tubuh cenderung kehilangan lebih banyak kalori ketika makan sesuatu yang dingin.

Walaupun es krim memliiki banyak manfaat bagi tubuh, tetapi sebaiknya tidak mengonsumsi es krim secara berlebihan.

Menurut informasi dari laman Health Benefits Times, kandungan lemak yang tinggi pada es krim dapat meningkatkan kolesterol dalam darah dan menyebabkan penumpukan plak serta tekanan darah.

Gula yang tinggi juga memicu peningkatan gula darah. Sebaiknya konsumsi es krim dalam keadaan perut kosong karena dapat menurunkan penyerapan karbohidrat dan meningkatkan kemungkinan disfungsi pankreas.


Tips dan rekomendasi mengonsumsi es krim sehat


Agar tetap memaksimalkan manfaat es krim bagi kesehatan tubuh, sebaiknya konsumsi es krim 2 kali dalam seminggu dan selalu mempertimbangkan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Dilansir dari laman Healthline, saat membeli es krim, periksa komposisi bahan dan nutrisi. Pilihlah produk yang lebih dominan terbuat dari bahan asli, seperti krim, susu, coklat, dan kacang.

Hindari es krim dengan proses yang terlalu tinggi dan pilihlah es krim dengan bahan yang lebih sedikit. Jika ingin menurunkan berat badan, pilih produk yang mengandung sedikit gula tambahan, yakni kurang dari 200 kalori per sajian.

Dapat pula membuat es krim sendiri di rumah yang rendah kalori dan padat nutrisi dengan hanya menggunakan dua bahan sederhana:
  • 2 pisang matang, beku, kupas, dan dicincang
  • 4 sendok makan (60 ml) susu almond, kelapa, atau susu sapi tanpa pemanis
Masukkan semua bahan dalam blender atau food processor hingga mencapai konsistensi krim. Tambahkan lebih banyak susu jika perlu. Es krim dapat langsung disajikan atau membekukannya untuk tekstur yang lebih keras.



Baca juga artikel terkait ES KRIM atau tulisan menarik lainnya Meigitaria Sanita
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Meigitaria Sanita
Penulis: Meigitaria Sanita
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight