9 Cara Alami Merawat Rambut Rontok: Pakai Ginseng hingga Jus Bawang

Oleh: Febriansyah - 12 Maret 2020
Dibaca Normal 2 menit
Cara alami merawat rambut rontok: pakai ginseng, minyak esensial, hingga Jus Bawang.
tirto.id - Rambut rontok menjadi masalah bagi beberapa orang. Banyak produk untuk menangani masalah rambut yang dijual di internet, tapi terkadang obat tersebut tidak bekerja maksimal karena obat-obatan untuk mengobati kerontokan rambut memiliki efektivitas yang terbatas.

Penyebab utama dari masalah kerontokan rambut adalah karena faktor genetik.

Sebuah studi dari Universitas Edinburgh di Inggris menemukan 287 wilayah genetik yang terlibat dalam pola kebotakan pria. Para peneliti mengidentifikasi banyak gen yang terkait dengan struktur dan perkembangan rambut.

Hingga kini penelitian tersebut terus mengembangkan solusi bagaimana kerontokan rambut bisa diatasi. Salah satunya adalah melalui proses yang alami. Berikut ini beberapa langkah alami yang bisa dilakukan:

1. Diet Mediterania

Sebuah studi tahun 2018 mengungkapkan, diet yang mengandung sayuran mentah dan bumbu segar, seperti diet Mediterania, dapat mengurangi risiko androgenik alopecia (kebotakan pola wanita atau kebotakan pola pria).

Beberapa makanan yang bisa dicoba dan boleh dikonsumsi dalam jumlah yang agak banyak adalah peterseli, kemangi, dan salad sayuran. Cobalah konsumsi lebih dari tiga hari seminggu.

2. Konsumsi Protein

Folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. Satu studi 2017 dari 100 orang yang mengalami kerontokan rambut meyebutkan, beberapa partisipan kekurangan nutrisi, termasuk asam amino yang berfungsi sebagai bahan pembangun protein.

Maka makanan yang perlu dikonsumsi seperti telur, kacang-kacangan, kacang polong, ikan, produk susu rendah lemak, ayam, dan kalkun.

3. Vitamin A

Vitamin A dikomposisikan sebagai bagian dari retinoid yang telah terbukti meningkatkan laju pertumbuhan rambut.

Vitamin ini juga dapat membantu produksi sebum, menjaga kulit kepala lebih sehat dan mampu mempertahankan lebih banyak rambut. Isi piring dengan makanan yang kaya vitamin A seperti ubi, paprika, dan bayam.

4. Ginseng

Ginseng mengandung phytochemical tertentu yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk merekomendasikan dosis spesifik. Sementara itu, konsultasikan dengan dokter cara mengonsumsi suplemen ginseng atau coba solusi topikal yang mengandung bahan ini.


5. Jus bawang

Orang dengan kerontokan rambut bisa mendapatkan pertumbuhan rambut mereka kembali setelah mengoleskan jus bawang mentah ke kulit kepalanya sebanyak dua kali sehari.

Salah satu penelitian menyebutkan, mengoleskan jus ini dapat meningkatkan pertumbuhan hampir 87 persen peserta dalam sebuah studi kecil tahun 2014. Para ilmuwan percaya ada keajaiban yang terletak pada kandungan belerang bawang.

6. Minyak esensial

Mengoleskan minyak esensial juga dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

Dilansir Healthline, sebuah studi membagi 86 orang dengan kerontokan rambut menjadi dua kelompok, salah satu kelompok diberi minyak kayu cedar dicampur dengan lavender dan rosemary ke dalam kulit kepala mereka.

Setelah tujuh bulan, 43 persen dari kelompok itu menunjukkan peningkatan pertumbuhan rambut.

Minyak esensial lain yang perlu dipertimbangkan termasuk lavender, serai, dan peppermint.

Cobalah mencampur beberapa tetes atau semua minyak ini dengan beberapa sendok minyak makan seperti jojoba atau biji anggur dan oleskan ke kulit kepala selama 10 menit sebelum dicuci.

7. Minyak kelapa

Menurut tinjauan studi 2018, para peneliti percaya bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut dari perawatan dan paparan sinar ultraviolet (UV).

Asam larut yang ditemukan dalam minyak kelapa membantu mengikat protein dalam rambut dan melindunginya dari kerusakan pada akar rambut.

Memijat minyak kelapa ke kulit kepala dapat meningkatkan aliran darah dan membantu pertumbuhan kembali.

8. Mencuci secara teratur

Mencuci rambut setiap hari dapat melindungi dari kerontokan rambut dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih.

Kuncinya adalah menggunakan jenis sampo yang ringan.

Formula sampo yang keras dapat mengeringkan serta menyebabkan rambut patah dan rontok. Sampo ringan biasanya mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak daun teh alami, peppermint oil, carrot seed oil dan lainnya

9. Mengikat rambut dengan lembut

Jangan gunakan kepangan ketat atau kuncir kuda yang dapat menarik rambut sampai ke akar dan berpotensi menyebabkan kerontokan yang berlebihan.

Jika ingin mengikat rambut setelah keramas, biarkan rambut kering terlebih dahulu untuk menghindari iritasi kulit kepala. Penata panas, seperti pengeriting atau pelurus rambut juga dapat merusak akar dan batang rambut.




Baca juga artikel terkait CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight