8 Manfaat Minum Teh Peppermint: Mengatasi Perut Kembung & Bau Mulut

Oleh: Maria Nanda Ayu Saputri - 2 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat minum teh peppermint: mengatasi perut kembung, menghilangkan stres, hingga mencegah bau mulut.
tirto.id - Minum teh peppermint dapat menjadi alternatif pilihan ketika sedang mengalami masalah perut kembung yang biasanya ditandai dengan kondisi perut terasa sesak atau penuh.

Masalah perut kembung umumnya disebabkan oleh beberapa faktor seperti sembelit, makan berlebihan, dan kenaikan berat badan.

Dilansir dari Healthline, teh peppermint berasal dari daun peppermint yang merupakan ramuan aromatik hasil dari persilangan antara watermint dan spearmint.

Daun peppermint mengandung minyak yang disebut mentol dan dikenal memiliki sifat atau rasa dingin serta beraroma daun mint. Teh peppermint berasal dari daun mint yang dikeringkan.

Menurut Live Strong yang mengutip pernyataan dari University of Maryland Medical Center (UMM), takaran minum teh ini untuk orang dewasa adalah satu sendok teh daun peppermint kering yang direndam dalam satu cangkir air, lalu direbus selama 10 menit.

Walaupun teh peppermint sering diminum karena rasa dan aromanya, teh ini juga memiliki beberapa manfaat lainnya selain untuk mengatasi masalah perut kembung.

Berikut 7 manfaat lain dari teh peppermint seperti dikutip dari Food NDTV:

1. Menghilangkan stres

Kandungan mentol di dalam teh peppermint berpengaruh untuk melemaskan otot sehingga dapat membantu di tengah tekanan atau stres.

2. Membantu untuk mudah tidur

Jika mengalami insomnia, maka teh peppermint adalah pilihan yang tepat. Teh ini bebas kafein dan dapat membantu merilekskan semua otot, sehingga membuat tidur terasa nyenyak. Cukup dengan minum secangkir teh peppermint di malam hari untuk penderita insomnia.

3. Membantu menurunkan berat badan

Minum secangkir teh peppermint akan membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak akan menambah kalori.

4. Membantu meredakan masalah perut

Rutin minum peppermint bisa membantu meredakan beberapa masalah perut seperti kembung, sembelit, hingga mabuk perjalanan. Kandungan mentolnya membantu menenangkan perut dan meringankan proses pencernaan.

5. Baik untuk pencernaan

Menurut buku Healing Foods, kandungan mentol teh peppermint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri sehingga membantu menyeimbangkan tubuh dengan cara apa pun yang diperlukan.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Peppermint memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan penyakit dan selanjutnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kalium, vitamin B dan berbagai antioksidan yang terkandung dalam teh peppermint akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

7. Melawan Bau Mulut

Produk penyegar mulut biasanya mengandung peppermint. Kandungan mentolnya memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu membersihkan kuman penyebab bau mulut.

Meski begitu, peppermint juga memiliki dampak negatif, yaitu berpotensi menghasilkan sensasi terbakar di dalam mulut. UMMC mencatat, teh peppermint tidak boleh diberikan untuk anak kecil atau bayi.

Orang dewasa juga dilarang mengonsumsi teh peppermint jika menderita hernia hiatal. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum minum teh peppermint.


Baca juga artikel terkait TEH PEPPERMINT atau tulisan menarik lainnya Maria Nanda Ayu Saputri
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Maria Nanda Ayu Saputri
Penulis: Maria Nanda Ayu Saputri
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight