8 Makanan yang Bisa Tingkatkan Imun Lansia Selama Pandemi COVID-19

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 8 Juni 2020
Dibaca Normal 2 menit
Makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh pada lansia, mulai dari beras merah hingga air putih.
tirto.id - Ketika usia semakin menua, indera pengecap yang terdapat di lidah mulai kehilangan kegunaannya dan hal ini menjadi salah satu alasan utama mengapa orang yang sudah berusia lanjut (lansia) cenderung menjadi rewel tentang makanan yang mereka makan.

Seperti diwartakan Hopkins Medicine, setelah usia 65 tahun, sistem kekebalan dalam tubuh pun semakin melemah, membuat seseorang rentan terhadap beberapa masalah kesehatan.

Sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik akan membantu menghilangkan benda asing dan sel-sel ganas dari sistem dan membantu mengatur respons kekebalan terhadap pemicu eksternal yang tidak berbahaya seperti makanan, atau jaringan tubuh.

Untuk lansia, meningkatkan sistem kekebalan bisa dimulai dengan diet baik dan seimbang dari makanan yang kaya akan vitamin dan mineral tertentu, yang pada gilirannya dapat membantu membangun pertahanan tubuh yang kuat dan mampu melawan infeksi serta penyakit.

Di tengah pandemi Coronavirus, para ahli kesehatan menyebutkan, melakukan standar kebersihan seperti sering mencuci tangan, sama pentingnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan pada orang yang lanjut termasuk dalam kelompok berisiko tertular virus corona.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

Makanan Peningkat Imun Tubuh Lansia


Berikut ini beberapa makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan imunitas tubuh pada orang berusia lanjut atau orang yang berusia di atas 65 tahun seperti dilansir dari laman Boldsky:

1. Nasi Merah

Nasi merah mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kuat, yang bila dikonsumsi dalam porsi terkontrol dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, beras merah kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan

2. Ubi Jalar

Kaya akan beta karoten dan vitamin A, ubi mengandung antioksidan yang dapat memberi manfaat pada sistem kekebalan tubuh orang dewasa yang lebih tua. Juga, sayuran manis ini kaya akan karbohidrat baik yang baik untuk dikonsumsi orang dewasa paling tidak sekali seminggu.

3. Bayam

Kaya akan vitamin C, dan dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, bayam adalah tambahan yang baik untuk diet. Bayam juga kaya akan vitamin K, yang membuat sayuran berdaun harus ditambahkan dalam diet penambah kekebalan untuk orang dewasa yang lebih tua.


4. Telur

Kaya protein dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, telur didefinisikan sebagai gudang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan orang dewasa yang lebih tua

5. Yoghurt

Mengonsumsi yogurt dapat membantu memperkuat saluran usus, yang akan membantu mencegah penyakit pencernaan.

Yoghurt penuh dengan probiotik (bakteri baik) yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan tubuh yang baik untuk orang dewasa yang lebih tua

6. Herbal & Rempah-rempah

Mengonsumsi herbal dan rempah-rempah seperti kunyit dan jahe dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi dan penyakit pada orang dewasa yang lebih tua.

Ini juga dapat membantu memperbaiki sel yang rusak dan memperkuat kemampuan seseorang untuk berfungsi dengan baik. Selain itu, kayu manis dan oregano adalah tambahan sehat yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

7. Protein Utuh

Makanan seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tiram, salmon dan kedelai adalah tambahan sehat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Menjadi sumber yang kaya asam lemak omega-3, protein tanpa lemak seperti salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit

8. Air

Sangat penting bagi para lansia untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari untuk menjaga selaput lendir lembab dan menurunkan kemungkinan flu atau pilek.

Menjaga diri terhidrasi dapat membantu fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, memasukkan buah beri, apel, daun selada, paprika, almond dan bit ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan fungsinya.

Makanan peningkat kekebalan yang disebutkan di atas akan membantu menjaga jantung tetap aktif, otak dalam sirkulasi dan yang terpenting, membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengikuti diet yang seimbang, bersama dengan olahraga yang baik dan jadwal tidur yang sehat dapat membantu mengurangi risiko pilek dan dapat mengurangi kerusakan akibat atau memperlambat perkembangan infeksi pernapasan, rheumatoid arthritis dan kondisi terkait penglihatan pada orang tua.



Baca juga artikel terkait SISTEM IMUNITAS atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight