8 Kiat Tetap Sehat Fisik dan Mental Selama Libur Panjang

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 27 Desember 2017
Dibaca Normal 1 menit
Kesehatan fisik dan mental harus tetap dijaga selama libur panjang, agar siap beraktivitas kembali.
tirto.id - Libur panjang tiba. Sebagian orang merencanakan perjalanan jauh, sebagian mengunjungi sanak saudara, tapi ada juga yang memilih berlibur di rumah. Apapun pilihan aktivitas untuk mengisi liburan Anda, pastikan untuk menjaga diri agar tetap fit sebelum kembali sekolah atau bekerja.

Simak delapan tips berikut ini, yang dilansir dai Huffington Post untuk membuat Anda tetap sehat, bahagia, dan bermanfaat selama libur panjang.

1. Makan Tepat Waktu

Terkadang, libur panjang membuat berat badan naik beberapa kilo. Oleh karena itu, penting untuk memakan makanan yang sehat, rendah kalori, dan jangan lupa selalu tepat waktu. Alih-alih menahan lapar untuk mengonsumsi makanan berat, Anda sebaiknya makan makanan kecil atau snack di waktu luang, agar saat makan siang atau makan malam, perut Anda tidak kosong. Perut kosong mendorong Anda untuk makan lebih banyak.

Jika membawa oleh-oleh untuk keluarga atau teman yang akan dikunjungi, sebaiknya bawa makanan sehat dan hati-hati terhadap kalori dalam bentuk cair, seperti minuman beralkohol.

2. Berolahraga

Jangan sampai liburan membuat Anda malas-malasan, tetap aktif dengan olahraga untuk menjaga semangat Anda sebelum kembali beraktivitas, baik sekolah maupun bekerja. Olahraga disarankan untuk dilakukan 4 sampai 5 kali dalam seminggu. Anda juga bisa mengajak anggota keluarga untuk berolahraga bersama.

3. Mencegah Tertular Penyakit

Saat berlibur, biasanya Anda akan bertemu banyak orang di banyak tempat. Maka, penting untuk menjaga kebersihan selama liburan, agar liburan Anda tetap menyenangkan.

Cuci tangan sebelum makan, jangan malas untuk mandi dan ganti baju, juga selalu perhatikan orang-orang di sekitar Anda dan pastikan mereka melakukan hal serupa.

4. Periksa Kendaraan dan Rumah Anda Sebelum Liburan

Jika Anda mengisi liburan dengan bepergian, cegah kebakaran saat rumah ditinggalkan dengan memeriksa kondisi rumah sebelum pergi. Pastikan rumah dalam kondisi terkunci, tidak ada api menyala, matikan aliran listrik, dan titipkan rumah pada seseorang yang Anda percaya.

Jika Anda bepergian dengan kendaraan, cek kondisi ban, oli, ketersediaan bensin, air radiator, dan hal-hal penting lainnya, agar Anda tidak perlu berurusan dengan mobil mogok di perjalanan.

5. Kenali Perjalanan Anda

Sebelum berangkat, Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi perjalanan. Misalnya, seperti menyimpan nomor-nomor yang bisa dihubungi saat keadaan darurat, seperti kecelakaan, kebakaran, atau hambatan-hambatan lain selama perjalanan. Anda juga perlu tahu rumah sakit dan kantor polisi terdekat.

Dengan mengenali medan perjalanan, Anda juga bisa mempersiapkan obat-obatan tertentu, termasuk juga jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca.


6. Kontrol Stres

Sebelum liburan, biasanya Anda harus menyelesaikan target pekerjaan, mengatur jadwal liburan, tekanan dari keluarga, dan juga soal pengeluaran bujet untuk liburan. Kuncinya, jangan pernah menyesali dan merasa bersalah atas apa yang telah Anda korbankan untuk liburan.

7. Perhatikan Orang Lain

Saat liburan, Anda juga bisa ikut membahagiakan orang lain selain diri Anda sendiri. Sebagian orang kadang merasa depresi karena tidak bisa berlibur, entah karena tak ada dana, atau tak ada teman.

Sebaiknya Anda mulai memperhatikan orang-orang di sekitar Anda yang memiliki gejala depresi seperti ini, Anda bisa mengajak mereka ikut liburan, atau setidaknya mengirim kartu atau bingkisan.

8. Me Time

Bagi beberapa orang, liburan tak selalu harus bepergian. Anda bisa juga menghabiskan waktu di rumah, dengan bangun siang, memasak, membaca buku yang jarang Anda lakukan jika bekerja. Anda bisa ke salon, menyewa tukang pijat, berbelanja, atau hal-hal lain yang membuat Anda bahagia.


Baca juga artikel terkait LIBUR PANJANG atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight