7 Tempat Wisata Garut, dari Pantai Santolo hingga Gunung Guntur

Oleh: Yonada Nancy - 30 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Daftar tempat wisata di Kabupaten Garut mulai dari Pantai Santolo hingga Gunung Guntur.
tirto.id - Kabupaten Garut masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat dan menjadi yang menjadi favorit wisatawan untuk berlibur. Tidak hanya terkenal sebagai daerah penghasil dodol dan jaket kulit, Garut ternyata memiliki banyak tempat wisata alam yang patut dikunjungi.

Sisi Selatan kabupaten ini berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia. Wilayah Garut Selatan setidaknya memiliki garis pantai sepanjang 80 kilometer. Selain garis pantai, kabupaten ini juga dikelilingi banyak gunung, seperti Gunung Cikuray, Gunung Guntur, Gunung Halimun, hingga Gunung Kendang.

Oleh sebab itu wilayah Garut terdiri atas dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai yang membuatnya memiliki banyak tempat wisata. Berikut ini beberapa obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Garut.

Pantai Santolo

Pantai Santolo merupakan salah satu pantai yang populer di kalangan masyarakat Garut dan sekitarnya. Pantai berpasir putih ini terletak di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.

Pantai dapat ditempuh selama 3,5 jam perjalanan darat dari pusat kota Garut. Memiliki tanah yang landai membuat pantai ini menjadi tempat yang cocok untuk bersantai.

Di sepanjang pantai terdapat berbagai kios-kios yang menjual berbagai sovenir dan hidangan laut. Pantai ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa homestay yang bisa disewa dengan harga murah.

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaen Garut. Pantai yang terkenal dengan camping ground-nya ini bisa dicapai dengan 3,5 jam perjalanan darat dari pusat Kota Garut.

Selain menikmati keindahan pantai, para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini biasa melakukan banyak aktivitas menarik seperti bermain voli atau sepak bola.

Saat air sedang surut, pengunjung bisa melihat berbagai ikan-ikan kecil yang berenang di sekitar lubang-lubang karang. Tidak perlu khawatir untuk berlama-lama di pantai ini, karena tidak sulit menemukan rumah makan ataupun penginapan di sekitarnya.

Pantai Cijayana

Pantai Cijayana terletak di Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut. Pantai ini hanya berjarak sekitar 51,6 kilometer atau bisa ditempuh dengan 1,5 hingga 2 jam perjalanan darat.

Berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia, pantai ini memiliki ombak yang cukup kuat. Para wisatawan sering melakukan kegiatan piknik, bermain ombak, memancing, atau bermain pasir sambil menikmati keindahan alam Pantai Cijayana. Pantai ini juga sudah dilengkapi dengan kios makanan, musala, dan toilet umum.

Gunung Papandayan

Bagi penggemar wisata trekking dan hiking, Gunung Papandayan menjadi tempat yang perlu dikunjungi. Selain menjadi tempat trekking dan hikking, di gunung ini terdapat berbagai wisata alam seperti taman edelweis, kawah belerang, hutan mati seperti di negeri dongeng, dan tempat pemandian air panas.

Gunung Papandayan juga terkenal dengan Taman Wisata Alamnya yang diisi berbagai flora dan fauna. Gunung Papandayan bisa dicapai dengan 2,5 jam perjalanan darat dari pusat kota Garut.

Sungai Cikandang

Sungai yang berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut ini terkenal dengan wisata arung jeramnya. Sungai ini memiliki aliran air yang deras dan sungai yang lebar sangat cocok untuk aktivitas arung jeram.

Selain itu di daerah sekitar sungai merupakan habitat dari berbagai jenis burung dan monyet. Sungai ini berada sejauh 6 jam perjalanan darat dari pusat kota Garut. Cukup jauh memang, namun pengalaman yang ditawarkan oleh tempat wisata ini tentu sepadan.

Sungai Cimanuk

Bagi Anda yang ingin melakukan arung jeram di sekitar Garut tetapi tidak memiliki banyak waktu, Sungai Cimanuk menjadi solusinya. Terletak di pegunungan Mandalagiri, sungai ini dapat dicapai dalam 3,5 jam perjalanan darat dari pusat kota Garut.

Jalur arung jeram di sungai ini dihiasi dengan tebing yang menjulang di sisi kiri dan kanannya. Aliran Sungai Cimanuk pun tergolong deras sehingga sangat cocok untuk melakukan aktivitas pemacu adrenalin ini. Sungai ini juga memiliki aliran air yang tidak terlalu deras untuk wisatawan yang belum pandai melakukan arung jeram tetapi ingin mencobanya.

Gunung Guntur

Selain dapat melakukan trekking dan hiking, obyek wisata Gunung Guntur menawarkan pesona air panas dan air terjun untuk para pengunjungnya. Sebagai gunung berapi, Gunung Guntur memancarkan dua mata air, yakni air panas dan air dingin.

Air panas Gunung Guntur mengalir ke daerah kolam air panas Cipanas, sementara mata air dinginnya mengalir ke Curug Ciitis. Gunung Guntur dapat dicapai melalui 3 jam perjalanan darat dari pusat kota Garut.

Baca juga artikel terkait TEMPAT WISATA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora
DarkLight