7 Rekomendasi Wisata Pantai di Jawa Barat Selain Pangandaran

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 21 Oktober 2019
Dibaca Normal 3 menit
Daftar 7 rekomendasi wisata pantai di Jawa Barat, mulai dari pantai Cipatujah hingga Batu Hiu.
tirto.id - Jawa Barat memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain kuliner, Jawa Barat juga terkenal dengan wisata pantainya.

Beberapa di antaranya adalah tempat yang cukup populer, seperti Pantai Pangandaran.

Selain Pantai Pangandaran, terdapat beberapa pantai yang juga menarik dan wajib dikunjungi. Berikut adalah daftar wisata pantai yang dilansir dari laman Pemprov Jawa Barat.

1. Pantai Cipatujah

Pantai Selatan Tasikmalaya yang dikenal dengan pantai Cipatujah menjadi salah satu obyek wisata alam yang memiliki daya tarik utama berupa wisata bahari.

Saat ini, dikawasan wisata Cipatujah telah dibangun kios-kios wisata, Gazebo, Area bermain anak, Menara Pandang, Mesjid, Panggung Terbuka, Penginapan, Area Parkir yang cukup luas, dan sarana rekreasi lainnya.

Pengelolaan obyek wisata Pantai Selatan ini dibawah kendali Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya.

Obyek wisata pantai Selatan Cipatujah memiliki area kurang lebih 115 hektar. Terletak kurang lebih 74 km dari pusat kota Tasikmalaya.

Pantai Tasikmalaya Selatan memiliki potensi wisata yang tersebar di sepanjang pantai Cipatujah sampai Cikalong. Disamping obyek-obyek wisata tersebut masih terdapat obyek dan daya tarik lain. Di sepanjang pantainya, banyak bermuara sungai-sungai yang cukup besar, sehingga membuat panorama alam disekitarnya indah dan sangat potensial untuk dikemas menjadi obyek wisata.

2. Pantai Karangtawulan

Suasana yang alami dan sepi menjemput saat berkunjung ke Pantai Karangtawulan. Deru ombat laut selatan yang menghantam karang-karang berserakan mewarnai keheningan obyek wisata ini.

Karangtawulan merupakan salah satu Pantai yang berkarang curam. Sekitar 300 M dari bibir pantai terdapat beberapa Atol atau Pulau Karang yang pada musim tertentu dihuni berbagai jenis burung.

Berlokasi di Desa Cimanuk Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Berjarak sekitar 97 Km dari Pusat Kota Tasikmalaya atau sekitar 40 Km dari Pantai Pangandaran.

Kurang lebih 100 m ke arah timur dari Pantai Kawangtawulan terdapat Makam Keramat Syekh Abdul Rohman dan Eyang Garuda Ngupuk dan disebelahnya terdapat Goa PArat dan Goa Lalay.

Apabila menyusuri wilayah Jawa Barat selatan yang menghubungkan antara Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi dengan Pantai Pangandaran Ciamis, tidak ada salahnya mampir untuk beristirahat bersama keluarga atau rombongan di pantai ini.

Pantai yang indah disuguhi beberapa gazebo atau saung untuk melihat sejauh mata memandang ke laut lepas membawa nuansa romantis dan kesejukan dikala menghadapi perjalanan yang cukup panjang.

3. Pantai Sindangkerta

Keindahan panorama Obyek Wisata Bahari yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Pantai Sindangkerta. Pantai ini hanya berjarak 4 Km dari Pantai Cipatujah ke arah Timur

Kawasan wisata sangat cocok untuk tempat wisata baik keluarga maupun rombongan.

Banyaknya pohon-pohon besar yang tumbuh dipinggiran pantai dan semilir angin laut menciptakan kesejukan dan menjadikan betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Pada obyek wisata akan didapati Taman Lengsar atau Taman Datar, karena terdapat karang yang datar dan cukup luas yang akan jelas terlihat apabila permukaan laut sedang surut.

Pada ujung karang datar ini, biasanya digunakan wisatawan untuk memancing ikan, karena posisinya yang menjorok ke arah laut membuat pengunjung yang hobi memancing kerap kali mendapatkan ikan yang cukup besar.

Fasilitas yang tersedia antara lain terdapat Gazebo, Kios-kios makanan minuman, tempat bakar ikan dan penginapan Wisma Mutiarasari dengan harga yang relatif terjangkau untuk sebuah kawasan wisata.

Untuk menuju tempat ini, dapat menggunakan Bis Mikrodari Pusat Kota Tasikmalaya dengan Tarif sekitar Rp18.000.

Setiap tahunnya pada Tanggal 1 Januari , selalu diadakan upacara ritual yang unik yaitu Hajat Lembur Mapag Tahun.

4. Pantai Santolo

Pantai Santolo terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Garut tidak hanya terkenal dengan Jeruk Garut tetapi salah satu pantai yang populer terdapat di Kabupaten Garut yaitu Pantai Santolo.

Terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut atau biasa disebut Garut Selatan, Garsel atau Garsela, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota. Pantai ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata.

Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah.

Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan.

Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang.

Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

5. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar terletak di kawasan Desa Wisata Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Nama pantai ini berasal dari gambaran dua buah batu karang raksasa yang berbentuk seperti layar kapal yang terkembang. Di sisi timur pantai ini terdapat gugusan karang yang berbentuk seperti jejak kaki

Sebelah kiri berukuran dua kali satu meter yang dinamai Jejak Kaki Kabayan. Kabarnya, jejak kaki kakaknya ada di daerah Jampang, Sukabumi.

Saat ini, Pantai Tanjung Layar dan pantai lainnya di kawasan Desa Wisata Sawarna dikelola oleh BUMdes Sawarna.

Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak menetapkan tiga objek wisata unggulan di Lebak, salah satunya adalah Desa Wisata Sawarna yang mencakup objek wisata lainnya di kawasan ini, termasuk Pantai Tanjung Layar.

Bahkan, Gubernur Banten Rano Karno menyebutkan, perputaran uang di Pantai Sawarna mencapai Rp5 miliar per tahun.

Terlebih hanya dalam dua hari, perputaran di kawasan wisata ini mencapai Rp1,5 miliar pada musim libur Lebaran tahun 2015.

6. Pantai Cijayana

Pantai ini memiliki luas kawasan sekitar 9 ha dan mempunyai jenis material tanah berupa pasir halus dengan warna alami putih kecoklatan.

Dilansir dari Disparbud.jabarprov.go.id, Pantai Cijayana merupakan pantai yang memiliki tepi pantai yang luas dengan lebar lebih dari 200 m dan panjang 2000 m, serta pandan bidur sebagai flora dominan di tepi pantainya.

Stabilitas pantai ini baik karena tingkat abrasinya kecil, dan mempunyai kondisi perairan yang cukup baik, seperti warna air yang biru dengan bau air normal dan temperatur yang normal.

Pantai Cijayana memiliki tinggi gelombang rata-rata 1 m, dan kekuatan tiupan angin yang sedang serta penyinaran matahari yang cukup.

Kondisi bentang alamnya pun masih belum tereksploitasi. Hal tersebut disebabkan karena pantai Cijayana belum disentuh oleh berbagai macam fasilitas khususnya fasilitas wisata.

Untuk menikmati pemandangan di pantai Cijayana ini, visabilitasnya sangat bebas dan mempunyai tingkat kebisingan yang rendah.

Pantai ini memiliki danau kecil di lokasi tepi pantainya, dan kegiatan yang bisa dilakukan adalah menikmati pemandangan, fotografi, memancing, piknik, berjemur, jalan-jalan, dan bermain di tepi pantai.

Adapun pola kepemilikan lahan dari kawasan pantai Cijayana adalah tanah desa yang diperuntukkan guna pertanian, alokasi tempat pariwisata, dan sebagian besar masih berupa tanah kosong yang belum dikelola.

7. Pantai Batu Hiu

Batu Hiu terkenal akan karang besarnya yang menyerupai ikan hiu. Di sini, Anda dapat menyaksikan panorama Samudera Indonesia yang membentang luas dengan deburan ombaknya yang menggulung putih.

Selain itu, nikmati pula panorama pantainya yang sangat indah, berbatasan dengan perbukitan hijau yang banyak pohon pandan wangi.

Yang menambah daya tarik Batu Hiu juga adalah tempat penangkaran penyu. Di tempat ini, Anda dapat melihat dan mempelajari dari dekat cara pengembangbiakan dan pelestarian penyu di habitat aslinya.


Baca juga artikel terkait DESTINASI WISATA atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight