7 Idol K-pop yang Rehat karena Depresi: Mina Twice, Kang Daniel

Oleh: Versatile Holiday Lado - 15 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Idol yang memutuskan untuk rehat di antaranya Mina Twice, Kang Daniel, hingga MONSTA X Joohoney.
tirto.id - Gangguan kesehatan mental yang dialami oleh Idol K-pop adalah hal yang acap kali terjadi di industri hiburan Korea Selatan.

Bekerja di industri hiburan yang mengharuskan untuk tampil baik di hadapan para penggemar memberikan tekanan tersendiri bagi para idol. Latihan maksimal, jadwal yang padat dan harus melakukan perjalanan hingga ke luar negeri membuat mereka lelah dan tertekan.

Tahun lalu, bintang Kpop Mina Twice dan Kang Daniel memutuskan rehat dari aktivitas dunia hiburan mereka saat tengah berada di puncak ketenaran.

Sejak saat itu, dunia Kpop dibanjiri dengan peristiwa serupa. Beberapa idol yang juga rehat dari jadwal mereka yang padat karena kesehatan mental di antaranya.

1. Mina Twice

Pada 27 Agustus Mina Twice harus mengambil waktu hiatus sementara karena didiagnosa menderita gangguan kecemasan.

2. Kang Daniel

Kang Daniel diumumkan oleh KONNECT Entertainment bahwa ia harus hiatus dari aktivitasnya karena gangguan panik dan depresi.

3. MONSTA X Joohoney

Penyanyi asuhan Starship Entertainment ini, diberitakan bahwa ia menunjukkan gejala gangguan kecemasan. Hal ini membuat nama asli Lee Joo-Heon harus mengambil waktu istirahat dari aktivitas grup.

4. LOONA Haseul

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada 8 Januari, agensi LOONA, Blockberry Creative mengumumkan bahwa Haseul berhenti dari kegiatan yang dijadwalkan mendatang karena alasan kesehatan.

5. SEVENTEEN S.Coups dan Jeonghan

Pada 18 November oleh Pledis Entertainment melalui akun Twitter, leader SEVENTEEN, S.Coups harus hiatus dari aktivitas grup karena gangguan kecemasan. Kemudian diikuti dengan pemberitahuan pada 20 Desember, Jeonghan memutuskan untuk beristirahat dan vakum dari aktivitas grup karena beberapa gejala sakit kepala.

6. STRAY KIDS Han

Han menunjukkan gejala kecemasan psikologis. Meskipun itu tidak menghalangi sebagian besar jadwal dan penampilannya, dia merasakan ketegangan ekstrem ketika dia dekat dengan sekelompok orang. Hal ini membuat Stray Kids Han tidak ikut serta dalam acara fan sign yang telah dijadwalkan pada 16 Desember.

7. WJSN Dawon

Anggota WJSN atau Cosmic Girl, Dawon, dinyatakan menderita gejala kecemasan, dan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, ia menerima pemeriksaan dan perawatan terperinci di rumah sakit.

Dalam pemberitaan pada 12 Desember, sebagai hasil dari pemeriksaan, dia didiagnosis dengan gangguan kecemasan, sehingga penyanyi asuhan Starship ini, menghentikan sementara kegiatan WJSN.

Sementara itu, selain beberapa idol yang memutuskan untuk rehat, ada juga beberapa idol yang meninggal karena masalah kesehatan mental seperti Jonghyun SHINee, Sulli dan Goo Hara karena tekanan atau stres yang dialami sepanjang karier mereka.

Selain tuntutan pekerjaan dan jadwal yang padat, komentar kebencian juga merupakan faktor deperesi yang dialami oleh bintang Kpop. Cacian, kritik yang menggunakan bahasa yang kasar memberatkan mereka dan menjadi beban pikiran.

Hal ini pun disampaikan mantan anggota Shinhwa, Kim Dong-Wan mengenai tekanan mental yang dialami para musisi Korea.

“Banyak (bintang Kpop) muda yang memikirkan sejauh mana mereka mau menderita tekanan mental demi manisnya popularitas dan uang”, kata Dong-wan melalui akun sosial media.

“(Industri Kpop) penuh dengan orang-orang yang ingin (musisi) muda terlihat sehat dan ceria meski mereka pada kenyataannya tidak bisa makan dengan baik dan tidur dengan nyaman”.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Versatile Holiday Lado
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight