7 Cara Hemat Kuota Data Internet Saat Menggunakan Aplikasi Zoom

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 3 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pemakaian Zoom dengan durasi yang lama dapat membuat pemakaian kuota data yang digunakan juga akan semakin besar.
tirto.id - Zoom adalah salah satu alat konferensi video yang digunakan saat rapat dengan rekan kerja maupun untuk proses belajar mengajar secara online.

Namun, pemakaian Zoom dengan durasi yang lama dapat membuat pemakaian kuota data yang digunakan juga akan semakin besar.

Untuk mengatasi pemakaian kuota data yang besar selama pemakaian Zoom, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain.

1. Pilih tampilan layar yang lebih kecil

Dilansir laman resmi Zoom, untuk iPad dan iPhone, jika Anda akan mengaktifkan video dengan tampilan layar penuh maka harus dengan bandwidth seluler yang memadai.

Anda juga dapat melihat beberapa peserta saat Zoom dalam tampilan galeri.

Artinya dengan tampilan yang lebih kecil maka penggunaan kuota internet akan lebih banyak, namun jika bandwidth rendah, secara otomatis akan diskalakan ke layar yang lebih kecil.

2. Nonaktifkan video saat Anda tidak membutuhkannya

Melansir laman cornell.edu saat rapat yang tidak terlalu penting untuk bertemu satu sama lain, mematikan kamera adalah cara termudah untuk mengurangi jumlah data yang masuk dan keluar dari komputer Anda.

3. Matikan video HD

Menyediakan video dalam resolusi HD memerlukan lebih banyak data secara signifikan, jadi pertimbangkan untuk menonaktifkannya saat kualitas gambar yang Anda kirim tidak terlalu penting.

Cara untuk mematikan HD di Zoom Anda adalah,

- Di Zoom desktop Anda, klik Pengaturan (ikon roda gigi).

- Klik Video di menu sebelah kiri.

- Di bagian Video Saya, hapus centang pada kotak di samping Aktifkan HD jika dicentang.

- Saat Anda berbagi layar, bagikan hanya selama benar-benar diperlukan

- Pastikan untuk menghentikan berbagi layar saat Anda tidak lagi perlu menampilkan layar Anda.

Selain itu, minta pengguna lain untuk menonaktifkan berbagi layar mereka ketika mereka selesai dengan contoh mereka.

4. Gunakan dokumen kolaboratif online daripada berbagi layar

Layanan tertentu, seperti Box Notes, Office Online Documents, dan Google Apps memungkinkan banyak orang membuka dan mengedit file sekaligus.

Layanan ini dapat menggunakan lebih sedikit data daripada streaming video, sambil tetap memungkinkan semua orang untuk melihat perubahan saat terjadi atau di dekatnya.

5. Matikan audio Anda saat tidak berbicara

Meskipun tidak menggunakan bandwidth sebanyak video Anda, Anda juga dapat sedikit mengurangi bandwidth dengan mematikan audio Anda saat Anda tidak berbicara.

Gunakan tombol Mute di sudut kiri bawah layar Zoom untuk mematikan dan menghidupkan audio Anda.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan panggilan telepon guna menyambungkan ke audio rapat Zoom daripada menggunakan audio komputer dalam rapat.

Nomor telepon untuk terhubung ke sesi Zoom biasanya disertakan dalam undangan yang Anda terima di bagian bawah judul "Dial by your location."

6. Gunakan opsi perekaman cloud untuk rapat Zoom

Pengajar dan staf host yang merekam sesi Zoom dapat memanfaatkan opsi perekaman cloud Zoom. Rekaman secara langsung akan ditransfer ke layanan Video on Demand Cornell dan tidak perlu diunggah dari komputer Anda.

7. Hindari menjalankan aplikasi padat data lainnya selama sesi Zoom

Tingkatkan kinerja Zoom Anda secara keseluruhan dengan tidak menjalankan aplikasi lain selama rapat yang mungkin juga menggunakan sebagian besar bandwidth Anda.

Contoh membuka situs streaming video atau musik, atau situs web lain dengan konten dinamis.

Anda selalu dapat memeriksa penggunaan jaringan Anda menggunakan Monitor Aktivitas di Mac atau Pengelola Tugas di Windows untuk menentukan program mana yang memakan banyak data.


Baca juga artikel terkait ZOOM atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight