6 Wisata Alam di Minahasa: Gunung Klabat hingga Pulau Lihaga

Oleh: Sarah Rahma Agustin - 17 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini adalah 6 rekomendasi tempat wisata alam di Minahasa, mulai dari Gunung Klabat hingga Pulau Lihaga.
tirto.id - Jika sedang berkunjung ke Minahasa Utara, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang menarik mulai dari keindahan pantai, gunung, mata air hingga batu peninggalan megalitikum.

Berikut beberapa tempat wisata di Minahasa yang dapat membuat harimu menyenangkan, sebagaimana dilansir dari laman Minutkab.go.id

Gunung Klabat

Jika ingin mendaki gunung tertinggi di Sulawesi Utara, Anda dapat melakukannya selama 5-8 jam dimulai dari kaki gunung yang terletak di Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara.

Gunung ini berketinggian 1,995 m dari permukaan laut. Gunung Klabat memiliki beberapa jenis tumbuh-tumbuhan yang eksotik, beberapa jenis hewan langka.

Anda dapat menikmati pemandangan indah beberapa kota/kabupaten di Sulawesi Utara.

Mata Air Tumatenden

Pernahkan Anda mendengar tentang legenda 9 puteri yang turun dari kayangan? Konon, mata Air Tumatenden adalah tempat 9 puteri tersebut untuk mandi. Kolam mini terletak di Kelurahan Airmadidi Bawah Kecamatan Airmadidi.

Air Terjun Tunan

Air Terjun ini bersumber dari sungai di atas gunung yang mengalir melewati tebing terjal dengan ketinggian 60 m.

Perlu diketahui, Minahasa Utara banyak terdapat air terjun dengan air yang jernih dan alami. Beberapa di antaranya terdapat di desa Tontalete Kec. Kema, desa Suwaan Kec. Kelawat, desa Kekoleh Kec. Likupang Timur, desa Talawaan Kec. Talawaan yang lebih dikenal dengan sebutan Air Terjun Tunan.

Terletak sekitar 25 km dari kota Manado dapat dicapai dengan kendaraan bermotor kira-kira 6 km dari desa Talawaan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Waruga

Minahasa Utara memiliki peninggalan Megalithic bernama Waruga atau kubur batu leluhur Minahasa.

Waruga muncul dan berkembang pada tahun 400 sebelum masehi sampai awal abad ke 20 masehi.

Di Minahasa Utara jumlah batu Waruga ditemukan lebih dari 1.000 buah yang tersebar di beberapa tempat, seperti di Desa Sawangan yang memiliki koleksi 144 buah waruga, di Kelurahan Airmadidi Bawah 149 buah waruga dan masih banyak lagi waruga yang tersebar di beberapa tempat di Minahasa Utara.

Pulau Gangga

Pulau ini terletak sekitar 60 km dari Manado tepatnya di Kecamatan Likupang Barat. Jika berkunjung ke Pulau Gangga, Anda akan melihat hamparan pasir putih yang halus dan bersih dengan latar belakangi laut.

Di perairan pulau Gangga terdapat taman laut yang kaya akan spesies ikan dan spesies laut lainnya. Pulau ini juga sangat cocok bagi Anda yang hobi snorkeling.

Pulau Lihaga

Pulau Lihaga terletak di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Propinsi Sulawesi Utara, Pantainya berpasir putih dengan taman lautnya yang indah dan alami akan menggoda anda untuk berenang, snorkeling atau diving.

Pulau Lihaga bisa di tempuh dari Manado sekitar 60 menit, sedangkan Dari Likupang atau tepatnya dari pelabuhan Serei, perjalanan ke pulau hanya ditempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan kapal nelayan setempat.


Baca juga artikel terkait WISATA DI MINAHASA atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight