6 Manfaat Mangga untuk Tubuh, Salah Satunya Kurangi Risiko Kanker

Oleh: Destri Ananda Prihatini - 16 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat buah mangga bagi kesehatan: meningkatkan kekebalan tubuh hingga mengurangi risiko kanker.
tirto.id - Akhir-akhir ini, mangga dengan mudah ditemui di setiap penjual buah baik di pinggir jalan maupun di swalayan besar dengan harga yang sangat murah. Mangga merupakan buah tropis berwarna kuning kehijauan hingga merah kehijauan. Mangga memenuhi toko-toko buah sebab pohon mangga sedang banyak-banyaknya berbuah pada bulan ini, tepatnya mulai Agustus hingga November.

Mangga merupakan tanaman asli dari India dan Asia Tenggara dan telah dibudidayakan selama lebih dari 4.000 tahun. Ada ratusan jenis mangga dengan rasa, bentuk, ukuran dan warna yang unik. Buah ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat tapi juga kalori yang rendah serta nutrisi yang luar biasa.

Di balik rasanya yang manis dan lezat, ternyata mangga memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Mangga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan dan terkait dengan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, mangga juga lezat dan cocok ditambahkan sebagai menu diet dalam bentuk smoothies atau hidangan lain.

Di samping itu, banyak penelitian menghubungkan mangga dan nutrisinya dengan manfaatnya bagi kesehatan. dilansir dari Medical News Today, mangga bermanfaat untuk meningkatkan imun, mengurangi risiko penyakit hati, kesehatan pencernaan dan penglihatan, mengurangi risiko kanker tententu, dan secara keseluruhan menurunkan berat badan.

Dilansir dari Healthline, berikut manfaat yang dapat dirasakan dari mengonsumsi buah mangga.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mangga memiliki nutrisi yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin A dalam mangga dapat membantu melawan infeksi. Vitamin C dalam mangga juga dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih yang akan melawan bakteri penyakit dan meningkatkan pertahanan kulit. Selain itu, kandungan folat, vitamin K, vitamin E dan B juga membantu meningkatkan imun.

2. Mendukung kesehatan hati

Mangga memiliki kandungan nutrisi yang membantu kesehatan hati. Magnesium, potasium, vitamin, dan antioksidan mangiferin pada mangga membantu mempertahankan denyut nadi yang sehat dan pembuluh darah menjadi rileks, serta meningkatkan tingkat tekanan darah. Selain itu mangga juga dapat meningkatkan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko hipertensi.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat dan air yang ada dalam mangga dapat mencegah sembelit dan diare. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin akan sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Dilancir dari BBC Good Food, mangga memiliki zat fitokimia yang menawarkan sifat anti-inflamasi dan antioksidan untuk pencernaan dan membantu mengurangi peradangan dalam kondisi seperti colitis ulserativa.

4. Mendukung kesehatan mata

Mangga dipenuhi kandungan yang baik untuk kesehatan mata. Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam mangga berfungsi sebagai tabir surya alami yang menyerap kelebihan cahaya dan melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya. Kandungan Vitamin A dalam mangga juga baik untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dalam tubuh dapat dikaitkan dengan mata kering dan kebutaan malam hari.

5. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Mangga juga baik untuk rambut karena mengandung vitamin A dan C, nutrisi yang dibutuhkan untuk memproduksi sebum agar menjaga kelembaban rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Sementara itu, vitamin C berperan dalam memicu pembentukan kolagen. Kolagen dapat membuat kulit menjadi kenyal dan membantu memerangi kulit kendur dan kerutan.

6. Mengurangi risiko kanker

Mangga kaya akan polipenol yang mungkin memiliki sifat antikanker. Polipenol dapat melindungi dari stres oksidatif yang mana dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, paru-paru, prostat, payudara, dan tulang.


Baca juga artikel terkait KANKER atau tulisan menarik lainnya Destri Ananda Prihatini
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Destri Ananda Prihatini
Penulis: Destri Ananda Prihatini
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight