6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Olahraga Lari di Masa New Normal

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 10 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Saat melakukan olahraga di masa new normal seperti saat ini tetap harus menerapkan protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak.
tirto.id - Olahraga menjadi salah satu hal yang tetap harus dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh selama masa pandemi virus Corona jenis baru, COVID-19.

Namun saat melakukan olahraga di masa new normal seperti saat ini tetap harus menerapkan protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak.

Olahraga lari bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda lakukan, selain karena bisa dilakukan di dekat rumah, lari juga tak memerlukan banyak biaya.

Dilansir Antara, Pelatih lari Hendri Pardede merekomendasikan enam hal penting atau yang ia sebut dengan formula T.E.M.B.A.K., bagi Anda yang rutin berlari agar mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut.

Enam hal atau penjabaran dari formula T.E.M.B.A.K. tersebut adalah,

1. T (Time)

Memilih waktu dan tempat yang tepat. Saat ingin berlari di luar ruangan sebaiknya memilih waktu dan tempat yang tidak terlalu ramai, mungkin bisa dilakukan pagi hari sekitar jam 05:30 - 06:00 atau sore hari.

Sebaiknya hindari tempat yang ramai dari lalu lintas orang misalnya berlari di area kompleks perumahan, sekitar lingkungan apartemen, juga lingkungan jalanan yang sepi.

2. E (Easy)

Yakni memilih porsi latihan hanya dengan intensitas ringan saja agar imunitas tubuh dapat meningkat. Latihan yang terlalu berat cenderung akan membuat tubuh mengalami tingkat kelelahan yang berlebih sehingga dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Sebaiknya berlari di zona aerobik sekitar zona 2-3 yaitu sekitar 60-70 persen dari detak jantung maksimal.

3. M (Masker)

Saat berlari di luar ruangan sebaiknya menggunakan masker jika berpapasan dengan pelari lain. Anda bisa melepaskan masker di bawah dagu jika tidak ada orang lain di sekitar kita, sesuai dengan anjuran protokol kesehatan dari pemerintah.

4. B (Bersih)

Selama berlari sebaiknya menjaga kebersihan diri sendiri dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah berlari serta hindari menyentuh mata dan hidung dengan menggunakan tangan.

Pardede mengatakan, hindari juga saat berlari dengan menyentuh benda-benda di tempat umum.

5. A (Aku jaga jarak)

Pastikan jarak Anda dengan pelari lain sekitar 3-4 meter untuk mencegah virus penyebab COVID-19 menular dari satu orang ke orang lainnya.

Jika saat berlari Anda dilewati pelari lain, tunggu beberapa saat sampai jarak aman 3-4 meter sudah tercapai.

6. K (Konsisten)

Konsisten adalah tetap melakukan gaya hidup sehat selama masa pandemi COVID-19 agar imunitas tubuh tetap terjada dan tidak mudah terinfeksi virus Corona.

Baca juga artikel terkait LARI atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight