586 Gardu Listrik di Bengkulu Padam akibat Longsor

Penulis: - 21 Jan 2022 16:08 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sekitar 92.796 pelanggan di Bengkulu mengalami pemadaman listrik total akibat Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Bengkulu Selatan roboh.
tirto.id - Longsor yang terjadi di jalan lintas Bengkulu-Pagar Alam tepatnya di Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan mengakibatkan 586 gardu distribusi listrik untuk wilayah Provinsi Bengkulu padam.

Sehingga, kata Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Bengkulu, Hendra Irawan ada sekitar 92.796 pelanggan yang hingga saat ini mengalami pemadaman listrik total.

"Dari pukul 19.00 WIB, gardu induk di wilayah Manna kehilangan pasokapasokan daya karena tower roboh akibat longsor yang terjadi," kata Hendra di Bengkulu, Jumat (21/1/2022) dilansir dari Antara.

Pemadam tersebut karena Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dengan tegangan 150 Kilo Volt (KV) No.107 yang mengaliri listrik wilayah Pagar Alam dan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan roboh.

Selain itu, terdapat gangguan penghantar listrik di satu gardu induk Manna padam dan 2 kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan serta Kaur.

Oleh karena itu, PT PLN sedang berupaya memulihkan kondisi kelistrikan di Pagar Alam-Manna setelah robohnya tower tersebut.

Saat ini pihaknya berupaya untuk menormalkan jaringan yang terdampak dengan melakukan pelacakan gangguan, persiapan peralatan material Emergency Restoration System (ERS).

Serta perbaikan 1 line untuk penormalan, backup genset mobile dan pengoperasian emergency sinkron Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro atau Minihidro (PLTM) Padang Guci 2.

Sekitar 12 genset yang membantu berasal dari Palembang sebanyak 3 genset, Jambi dua genset, satu genset dari Muara Bungo, tiga genset dari Bengkulu dan tiga genset dari wilayah Tanjung Karang.

"Mudah-mudahan dengan bisa dioperasikannya PLTM Padang Guci 2 dan adanya genset mobile ini bisa membantu penormalan dari sisi jaringan ke pelanggan terdampak baik di ULP Manna maupun Bintuhan dengan bertahap," ujarnya.

Selain itu, pihaknya meminta maaf terkait pelayanan PLN menjadi terhambat dan akan berupaya melakukan pemulihan jaringan hingga 100 persen.

Berikut wilayah di Bengkulu yang mengalami pemadaman listrik total yaitu Kabupaten Kaur tepatnya di wilayah Nassal, Maje, Kaur Utara, Kaur Tengah, Kaur Selatan, Tetap, Luas, Muara Sahung.

Semidang Gumay, Kinal, Tanjung Kemuning, Kelam Tengah, Lungkang Kule, Padang Guci Hulu, Padang Guci Hilir.

Kemudian Kabupaten Bengkulu Selatan tepatnya di wilayah Manna, Kota Manna, Pasar Manna, Ulu Manna, Pino, Pinoraya, Seginim, Bunga Mas, Air Nipis, Kedurang dan Kedurang Hilir.


Baca juga artikel terkait LONGSOR atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Bayu Septianto

DarkLight