Menuju konten utama
Mudik Lebaran 2019

57.405 Kendaraan Tinggalkan Jakarta pada H-7 Lebaran 1440 H

Jasa Marga mencatat sebanyak 57.405 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada H-7 Lebaran.

57.405 Kendaraan Tinggalkan Jakarta pada H-7 Lebaran 1440 H
Ratusan kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Rabu (29/5/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

tirto.id - Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Irra Susiyanti menyatakan, sebanyak 57.405 kendaraan telah meninggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada H-7 Lebaran atau Rabu (29/05/2019) malam.

Pihaknya mencatat, jumlah ini naik sebesar 144,44 persen dari lalu lintas Harian (LHR) normal sebesar 23.484 kendaraan.

"Kami mencatat salah satu faktor kenaikan volume lalu lintas pada H-7 Lebaran yaitu kemarin merupakan hari terakhir kendaraan berat melintas di jalan tol sebelum pembatasan kendaraan angkutan barang non BBM (Bahan Bakar Minyak) dan sembako berlaku sesuai dengan Permenhub No. 37 Tahun 2019," jelas Irra melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto di Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Ia memprediksi, pada hari ini atau H-6 Lebaran 2019 akan ada sebanyak 74.496 kendaraan yang akan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama, atau meningkat 159,7 persen dari volume lalin normal, yakni 28.689 kendaraan.

Pemberlakuan one way alias satu arah terencana ke arah Timur yang dimulai hari ini juga menjadi salah satu faktor yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, sehingga lalin mudik diprediksi masih tinggi pada hari ini.

"Kombinasi dua rekayasa lalu lintas contraflow dan one way yang diberlakukan hari ini pada pukul 05.30 WIB untuk contraflow dan 08.00 WIB untuk one way juga terbukti efektif dalam mencairkan kepadatan," terangnya.

Dalam waktu kurang dari 2 jam sejak pemberlakuan one way, lanjut Irra, kepadatan selepas GT Cikampek Utama pun terurai.

"Hingga saat ini antrean di GT Cikampek Utama terpantau normal sekitar 6-8 kendaraan," ucap dia.

Diimbau kepada pengguna jalan yang menggunakan jalur one way agar terus memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

Selain itu, Jasa Marga juga mengingatkan para pemudik untuk selalu memastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, menjaga jarak aman kendaraan serta yakinkan saldo uang elektronik cukup.

Untuk memonitor kondisi lalin di jalan tol selama arus mudik dan balik Lebaran 2019, pemudik juga dapat mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, yaitu di:

- Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080

- Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya).

- Instagram @official.jasamarga

- Aplikasi Mobile JMCARe dan Travoy, dan

- Website http://mudik.jasamarga.com

Baca juga artikel terkait ARUS MUDIK 2019 atau tulisan lainnya dari Selfie Miftahul Jannah

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno