5.500 Personel Amankan Pekan Suci di DKI Jakarta

Oleh: Adi Briantika - 18 April 2019
Aparat polisi diterjunkan ke sekitar gereja di DKI Jakarta untuk berjaga selama Trihari Suci.
tirto.id - Polda Metro Jaya mengerahkan personel untuk mengamankan ibadah Trihari Suci di wilayah DKI Jakarta selama 18-21 April 2019.

Pekan Suci ini berlangsung dengan rangkaian Kamis Putih yang akan dilangsungkan pada 18 April, dilanjutkan Jumat Agung pada 19 April, Vigili Paskah 20 April dan Hari Raya Paskah pada 21 April.

"Ada 5.500 personel yang diterjunkan untuk menjaga keamanan. Polda Metro Jaya sudah merencanakan teknis pengamanan pada beberapa gereja yang melaksanakan kegiatan tersebut," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Kamis (18/4/2019).


Proses pengamanan akan disesuaikan dengan jadwal ibadah masing-masing gereja sejak Kamis-Minggu (18-21/4/2019) di DKI Jakarta.

"Kami komunikasikan dengan pihak gereja kapan waktu kebaktian. Semua sudah kami koordinasikan," kata Argo.

Polisi juga berjaga di jalan raya sekitar gereja untuk mengatur arus lalu lintas, serta berkeliling di area gereja sambil menyisir setiap sudut gereja dengan menggunakan alat deteksi metal.

Kapolsek Sawah Besar, Kompol Mirzal Maulana mengatakan, gereja Katedral, Jakarta Pusat akan dijaga oleh 30 personel. Pengamanan ini juga sebagai pengamanan rutin setiap kali gereja itu menggelar ibadah.

"30 personel dibagi tiga sif, satu sif diisi 10 anggota," kata dia.


Baca juga artikel terkait PEKAN SUCI 2019 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Zakki Amali