5 Tokoh Terpopuler di Google 2019: Nadiem, BTS, Hingga Edhy Prabowo

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 12 Desember 2019
Dibaca Normal 4 menit
Lima tokoh terpopuler di pencarian Google 2019: Nadiem Makarim hingga Wishnutama.
tirto.id - Nadiem Makarim, BTS, Edhy Prabowo, BLACKPINK, dan Wishnutama adalah lima tokoh terpopuler di Google Trend 2019. Selain nama-nama itu, di nomor 6, setelah Wisnutama, ada Thareq Kemal Habibie, Reino Barrack, Syahrini, Sandiaga Uno, dan Wiranto.

Nadiem Makarim


Pencarian paling banyak soal Nadiem berkaitan dengan jabatan barunya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menggantikan Muhadjir Effendy. Nadiem awalnya merupakan CEO dan founder Gojek.

Nadiem tercatat lahir di Singapura, 4 Juli 1984. Dia putra Nono Anwar Makarim. Ayah Nadiem merupakan praktisi hukum ternama, yang pernah menjadi anggota Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Nadiem meraih gelar BA jurusan Hubungan Internasional di Brown University (AS). Dia juga memiliki gelar MBA dari Harvard Business School. Nama Nadiem mencuat setelah mendirikan Gojek Indonesia pada 2010 dan berhasil memimpin perusahaan itu hingga berstatus sebagai startup Decacorn.

Keberhasilan mengembangkan Gojek, membuat pria berusia 35 tahun itu mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi. Misalnya, pada 2018, Nadiem masuk daftar Bloomberg 50 Most Influential atau Daftar 50 Orang Paling Berpengaruh di dunia versi media Bloomberg.

Sementara pada tahun ini, Nadiem meraih penghargaan Nikkei Asia Prize ke-24 untuk Inovasi Ekonomi dan Bisnis. Dia menjadi tokoh termuda se-Asia yang menerima penghargaan itu.

Sebelum sepenuhnya berfokus di Gojek, pada November 2011, Nadiem pernah bekerja untuk Zalora Indonesia sebagai Managing Director selama 10 bulan.

Sekitar 8 bulan setelah keluar dari Zalora, dia sempat bergabung dengan startup penyedia layanan pembayaran non-tunai, Kartuku, dan menempati posisi Chief Innovation Officer. Setelah mundur dari Kartuku pada 2014, ia berfokus mengembangkan Gojek, demikian seperti dilansir Antara.

Di bawah kepemimpinan Nadiem, Gojek berkembang pesat dengan produk utama awalnya berupa layanan transportasi online. Meski Go-Jek bermula sebagai startup ride-sharing, perusahaan ini kemudian merambah bisnis financial technology (fintech) di Indonesia melalui Go-Pay.

BTS


BTS atau Bangtan Sonyeondan adalah grup laki-laki asal Korea Selatan. Nama grup ini menjadi salah satu trend di Google lewat lagu dan video musik comeback, "Boy With Luv" bersama penyanyi Amerika Serikat, Halsey. Selain itu, tahun 2019, BTS juga meluncurkan album baru bertajuk Map of the Soul: Persona pada bulan April.

Ada tujuh lagu dalam Map Of The Soul: Persona yaitu, "Intro: Persona", "Boy With Luv feat. Halsey", "Mikrokosmos", "Make it Raight", "HOME", "Jamis Vu", dan "Dionysus". Album ini menuai banyak prestasi dan mencetak sejumlah rekor. Yang teranyar, Map of the Soul: Persona mendapat Sertifikat Gold dari RIAA.

Sertifikat Gold dari RIAA sendiri merupakan sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada para musisi dunia yang telah berhasil meraih total penjualan minimal 500.000 unit atau 0,5 juta unit atas lagu atau album terbaru mereka.

Penghitungan penjualan ini dilakukan setidaknya 30 hari setelah karya mereka dirilis khusus untuk album fisik dan terhitung sejak tanggal perilisan khusus untuk total penjualan album digital. Seluruh total penjualan yang dihitung oleh pihak penyelenggara merupakan penjualan album di United States saja.

Sebelum berhasil meraih prestasi membanggakan ini, boy group yang digawangi oleh RM, J-Hope, Jin, Jungkook, V, Jimin, dan Suga ini telah meraih kesuksesan yang sama pada tahun 2018 lalu lewat album terbaru mereka bertajuk “Love Yourself:Answer”.

Dilansir Soompi (4/2/2018), atas capaian tersebut BTS menjadi artis Korea pertama yang berhasil meraih Sertifikat Gold oleh RIAA.

Edhy Prabowo


Edhy Prabowo menjadi tokoh populer di Google Trend setelah ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Susi Pudjiastuti. Edhy pernah menjabat Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Pria kelahiran 24 Desember 1972 itu juga pernah menjabat komisaris PT Kiani Lestari Jakarta, perusahaan kertas milik Prabowo Subianto.

Di dunia politik, Edhy juga mengurusi sektor pertanian. Ia menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR RI periode 2014-2019 yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan. Mitra kerja komisi ini adalah Kementerian Pertanian, Kementerian LHK, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Perum Bulog.

Belakangan ini, Edhy Prabowo mewacanakan kebijakan baru yang berseberangan dengan Menteri KKP sebelumnya, Susi Pudjiastuti. Politikus Partai Gerindra itu menyasar kebijakan ekspor benih lobster.

Dalam rapat koordinasi kementerian yang digelar di Hotel Borobudur pada 4 Desember 2019, Edhy ingin membuka peluang bagi pelaku usaha mengekspor benih lobster yang sebelumnya dilarang oleh Susi sejak 2016 silam.

Edhy beralasan ada permintaan yang tinggi dari Vietnam terhadap benih lobster. Dulu, sekitar 80 persen kebutuhan benih lobster Vietnam berasal dari Indonesia. Namun, kini kebutuhan Vietnam itu justru dipenuhi oleh Singapura.

Atas pertimbangan itulah, Edhy berencana mencabut larangan benih lobster tersebut. Namun, pria asal Sumatera Selatan ini memberikan syarat soal ekspor benih lobster. Pelaku usaha bisa ekspor jika sebagian benih lobster yang ditangkap dibesarkan di dalam negeri. Artinya, hanya 50 persen benih lobster yang ditangkap boleh diekspor.

BLACKPINK


Girl group asal Korea Selatan, BLACKPINK menjadi salah satu tokoh yang banyak dicari pada 2019. Grup yang digawangi Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa ini debut pada 8 Agustus 2016 dengan lagu "Boombayah" dan "Whistle". Salah satu topik perbicangan soal BLACKPINK pada 2019 adalah mengenai comeback mereka lewat lagu dan album "Kill This Love".

Hingga Desember 2019, BLACKPINK telah menelurkan empat mini album. Girl group asuhan YG Entertainment ini sedang mempersiapkan diri untuk comeback pada 2020 dengan melakukan rekaman untuk lagu baru mereka, demikian sebagaimana diwartakan Soompi.

Terkait kabar ini, YG Entertainment menyatakan, tanggal pasti untuk comeback belum diputuskan, tetapi sumber tersebut membenarkan BLACKPINK sedang dalam masa persiapan.

"Tanggal pastinya belum diputuskan, tetapi BLACKPINK bertujuan untuk membuat comeback awal tahun depan. Personel BLACKPINK saat ini sedang merekam beberapa lagu baru untuk album baru mereka," ujar YG Entertainment, seperti dikutip News1.

BLACKPINK terakhir comeback pada April 2019 lalu lewat album Kill This Love. “Kill This Love” sendiri merupakan title track dari mini album terbaru BLACKPINK yang bertajuk sama. Lagu ini ditulis langsung oleh Teddy dan Bekuh BOOM.

Sementara itu, untuk komposer lagu ini adalah TEDDY, R.Tee, 24, dan Bekuh BOOM. Selain merilis title track ini, BLACKPINK juga merilis 4 lagu lain, di antaranya “Don’t Know What To Do”, “Kick It”, “Hope Not”, dan juga “DDU DU DDU DU” remix.

"Kill This Love" dari BLACKPINK berhasil melampaui jumlah penayangan Idol milik BTS dalam 24 jam usai dirilis. Atas pencapaian ini, "Kill This Love" menjadi MV K-pop dengan jumlah penayangan terbanyak dalam 24 jam usai diunggah ke YouTube.

Wishnutama


Wishnutama menjadi menteri ketiga yang masuk dalam tokoh di Google Trend 2019, selain Nadiem Makarim dan Edhy Prabowo. Wishnutama Kusubandio selama ini populer, terutama di kalangan media. Pria kelahiran Jayapura 4 Mei 1976 itu merupakan salah satu pendiri PT Net Mediatama Televisi (Net TV). Di perusahaan ini, Wishnutama pernah menjabat Direktur Utama dan Komisaris Utama.

Saat masih belia, ia menyelesaikan kuliah komunikasi di Mount Ida College, AS. Wishnutama juga menimba ilmu pertelevisian dari Emerson College. Selain itu, ia pun pernah kuliah di The Military College of Vermont, Norwich University.

Wishnutama memulai karier sebagai Production Assistant di New England Cable News Amerika dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston. Pada 1994, ia kembali ke tanah air dan bekerja di Indosiar hingga menempati posisi Manager Produksi.

Setelah itu, Wishnutama berpindah ke Trans TV mulai 2001 dan sempat menjadi Wakil Direktur Utama. Kariernya terus bersinar di industri televisi. Dia menjadi Direktur Utama TV7 (Trans7) di tahun 2006-2008. Dia pun memegang posisi Direktur Utama Trans TV selama 2008-2012.

Belakangan, selain menjadi 'bos' NET TV, Wishnutama juga menjabat komisaris Kumparan.com. Setelah dipilih menjadi menteri pada 21 Oktober lalu, ia menyatakan mundur dari posisinya di sejumlah perusahaan.

Sebelum dipilih menjadi menteri, Wishnutama disebut-sebut menjadi bagian dari tim kreatif kampanye Jokowi di Pilpres 2019. Dia juga menuai pujian saat menjadi direktur kreatif acara pembukaan Asian Games 2018. Ia merupakan perancang aksi Jokowi menaiki motor di acara pembukaan Asian Games pada Agustus tahun lalu.


Baca juga artikel terkait TOKOH TERPOPULER 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight