5 Tips Menjalankan Puasa Saat Bepergian ke Luar Negeri

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 16 Juni 2017
Dibaca Normal 1 menit
Beberapa dari kita tidak punya pilihan selain melakukan perjalanan sambil berpuasa, entah itu urusan bisnis atau keluarga.
tirto.id - Bulan Ramadan baiknya dihabiskan di rumah bersama keluarga, melakukan refleksi dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan, tapi situasi akan berbeda jika Anda harus melakukan perjalanan atau bepergian ke suatu tempat.

Seperti yang dilansir Gulf News, berikut beberapa tips yang bisa membantu anda menjalankan puasa saat hendak bepergian:

Rencanakan perjalananmu dengan baik

Faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum bepergian adalah waktu untuk berbuka puasa dan sahur. Salah satu cara terbaik adalah anda bisa mencari tahu disekitar lokasi hotel tempat anda menginap mengenai masjid terdekat atau komunitas muslim di negara tempat anda berkunjung.

Dengan mencari tahu informasi tersebut, anda tidak perlu merasa sendirian ketika sedang menjalankan tradisi Ramadan di luar negeri. Ketika hendak memesan hotel, tanyakan pada petugas hotel jika butuh permintaan khusus untuk menjalankan salat, dan rekomendasi tempat terbaik untuk berbuka puasa dan sahur.

Tunda dulu puasa anda

Tidak semua orang tahu bahwa selain anak-anak kecil, orang tua, orang sakit dan wanita dengan masa menstruasi (ketika Ramadan), wisatawan juga mendapat pengecualian saat berpuasa.

Jika Anda melewatkan puasa saat melakukan perjalanan, anda dapat menebus puasa anda di hari-hari berikutnya. Namun, jika anda benar-benar tidak ingin meninggalkan puasa, maka pastikan penerbangan anda dijadwalkan setelah waktu berbuka puasa.

Persiapkan cadangan makanan untuk berbuka puasa

Banyak hal yang mungkin terjadi saat anda dalam perjalanan. Bisa saja penerbangan anda ditunda karena pengaruh cuaca, terjebak macet, atau bahkan anda kehilangan bagasi.

Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, pastikan anda memiliki cadangan makanan seperti kurma dan sebotol air mineral di tas anda. Sebelum sampai di hotel, siapkan makanan untuk sahur yang cukup agar anda dapat bertahan sepanjang hari sambil mencari restoran terdekat hingga tiba waktu untuk berbuka puasa.

Manfaatkan aplikasi melalui ponsel

Unduhlah aplikasi yang tepat, yang dapat membantu anda untuk melacak waktu salat, membantu menemukan masjid, serta restoran Halal. Sebagai salah satu contoh, unduhlah aplikasi “HalalTrip” dan “Pro Muslim” yang bisa menjadi panduan anda untuk menemukan masjid, restoran dan hotel ramah Muslim di lokasi terdekat, serta membaca Alquran. Aplikasi ini sudah tersedia bagi pengguna iOS dan Android.

Buka puasa di mana saja ketika matahari terbenam

Batalkan puasa anda ketika matahari terbenam di tempat tujuan anda, tidak peduli seberapa singkat perjalanan anda. Zona waktu negara tempat anda berkunjung tidak terlalu penting. Ingat, pastikan matahari telah terbenam untuk berbuka puasa.

Baca juga artikel terkait RAMADHAN atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo