Kampanye COVID-19

5 Tips Liburan Bersama Keluarga saat Kondisi Pandemi Covid-19

Penulis: Dhita Koesno, tirto.id - 13 Des 2021 13:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tips liburan keluarga saat kondisi Pandemi Covid-19 dan hal-hal yang perlu dipersiapkan.
tirto.id - Musim liburan akhir tahun akan tiba dan biasanya waktu ini termasuk yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang agar bisa liburan bersama keluarga.

Namun, sudah hampir 2 tahun berjalan pandemi Covid-19 masih ada di dunia dan hal ini tentu mengubah kebiasaan masyarakat, salah satunya ketika ingin melakukan perjalanan.

Bagi Anda yang berencana bepergian dengan anak-anak, tetap penting untuk mengikuti protokol kesehatan untuk melindungi keluarga dari virus corona serta virus lainnya.

Keluarga harus membuat rencana mengenai pertimbangan medis, terutama untuk anak berkebutuhan khusus.

Infografik BNPB Tips Liburan Keluarga Saat Pandemi 13 Des
Infografik BNPB Tips Liburan Keluarga Saat Pandemi. tirto.id/Fuad


Berikut ini tips yang bisa dilakukan saat melakukan perjalanan liburan yang aman bersama keluarga seperti dikutip laman Johns Hopkins Medicine:

1. Selalu Mematuhi Protokol Kesehatan Perjalanan COVID-19.

Di Indonesia, vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun akan dimulai Selasa, 14 Desember 2021. Segera vaksin anak Anda ketika vaksin sudah tersedia demi tindakan pencegahan yang lebih efektif.

Perlu diingat, seorang anak yang baru saja mendapatkan dosis vaksin pertama harus terus mengambil semua tindakan pencegahan reguler dengan menutupi dan menjaga jarak sampai mereka memiliki perlindungan penuh, yang terjadi dua minggu setelah dosis kedua.

Selain itu, ketika berada di dalam ruangan di tempat umum, pastikan Anda dan anak-anak selalu memakai masker dan menjaga jarak. Terapkan protokol kesehatan ketat saat bepergian. Juga, siapkan pembersih tangan dan tisu sendiri.

2. Sediakan banyak makanan ringan dan mainan.

Usahakan untuk memiliki banyak makanan ringan sehingga Anda tidak perlu banyak berhenti, dan pastikan anak makan makanan berserat tinggi dan cukup minum air putih.

Anak-anak yang bepergian dan keluar dari rutinitas mereka mungkin lebih rentan terhadap konstipasi atau sakit perut, jadi konsultasikan dengan dokter tentang apakah perlu membawa pelunak tinja.

Jangan lupa pula untuk membawa mainan saat di perjalanan untuk membuat anak sibuk atau terganggu.

Sementara jika anak memiliki gangguan terkait autisme, cobalah untuk menjaga stimulasi sensorik tetap sama seperti biasanya dan meminimalkan pemicu.

Jangan lupa selimut, mainan, atau aktivitas khusus anak, yang akan membantu mereka merasa nyaman.

3. Buat tempat duduk senyaman mungkin di dalam mobil.

Pastikan memiliki kursi pengaman mobil yang tepat untuk perjalanan Anda dengan anak-anak dan ukurannya tepat untuk berat, usia, dan tinggi badan anak Anda. Juga, kencangkan kursi dengan benar.

4. Pastikan sudah divaksin.

Agar perjalanan semakin membuat aman, pastikan Anda dan keluarga sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

Sediakan juga obat-obatan atau kotak P3K selama di perjalanan untuk penanganan apabila ada anggota keluarga yang tiba-tiba sakit atau mabok perjalanan.

5. Pastikan lokasi yang dituju memiliki rumah sakit atau klinik kesehatan.

Di masa sekarang, berjaga-jaga jika terjadi keadaan atau kondisi darurat adalah hal utama, apalagi jika Anda memiliki anak berkebutuhan khusus, carilah rumah sakit yang bisa merawat pasien anak dan berada di dekat tujuan Anda.

Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad



Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight