5 Tanda Teman yang Suka Mengontrol: Sering Drama, Manipulatif

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 3 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Orang yang manipulatif kerap menggunakan belas kasih, nilai, ketakutan, dan sisi sensitif lainnya untuk mengendalikan Anda atau situasi.
tirto.id - Orang-orang yang suka mendominasi atau mengontrol orang lain dapat dengan mudah ditemui di dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dalam pertemanan.

Pertemanan yang seharusnya saling mendukung dapat menjadi penuh emosi dan membuat diri stres ketika salah satu di antaranya suka mengontrol.

Namun sayangnya, sedikit orang yang memahami tanda seseorang yang suka mengontrol tersebut.

“Apakah ada seseorang di sekitar Anda yang dirasa harus selalu dituruti dan Anda selalu mempertimbangkan cara terbaik untuk menyenangkan mereka?” sebagaimana ditulis dalam Learning Mind, menjadi pertanyaan yang Anda dapat tanyakan ke diri sendiri untuk menyadari kehadiran teman yang suka mengontrol.

Orang yang suka mengontrol kerap sekali menentukan berbagai hal yang harus Anda lakukan.

Pada pertemanan yang sehat, seseorang akan mencoba untuk saling menghormati dan membantu satu sama lain.

Sementara dalam pertemanan yang tidak sehat, orang yang suka mengontrol seringkali bertindak sebagai bos, menyuruh Anda melakukan berbagai hal sesuai kehendaknya, bahkan menindas.

Boldsky menulis, orang yang suka mengontrol pun akan sering memerintah dan menuntut orang-orang di sekitarnya sesuai kemauan pribadinya.

Lantas, apa saja ciri teman yang suka mengontrol lainnya? Berikut di antaranya seperti dilansir Very Well Family:

1. Banyak menuntut

Orang yang suka mengontrol kerap menuntut Anda melakukan sesuatu, dan meminta Anda mengesampingkan kebutuhan pribadi demi tuntutannya tersebut.

Selain itu, mereka juga kerap meminta untuk menghabiskan seluruh waktu luang yang Anda miliki bersama mereka.

Bahkan, orang-orang yang suka mengontrol pun akan mungkin menuntut dan mengatur pakaian yang Anda kenakan, kelas yang akan Anda ikuti, dan siapa yang Anda pacari.

2. Kurang menghormati

Jika teman tidak menghormati Anda, sering mengolok-olok, merusak persepsi Anda, maka Anda perlu memperhatikannya sebab bisa jadi mereka termasuk teman yang suka mengontrol.

Tanda yang menunjukkan pertemanan kurang sehat adalah ketika teman memberi tahu Anda bagaimana seharusnya perasaan Anda dari pada mendukung dan menerima perasaan Anda yang sebenarnya.

3. Bertindak superior

Ketika seseorang menuntut perlakuan khusus dalam hubungan apapun termasuk pertemanan, itu bisa menjadi tanda perilaku mengendalikan.

Orang-orang yang bertindak superior tersebut pun akan menggunakan sarkasme saat berbicara dengan Anda, bertindak seolah-olah mereka selalu benar, paling tau, dan lebih pintar.

4. Sering drama

Terkadang, mengendalikan orang akan membuat beberapa pertengkaran. Dengan kata lain, orang-orang yang suka mengontrol hanya suka mengambil posisi yang berlawanan dan menunjukkan perubahan suasana hati yang drastis, atau emosi yang tiba-tiba.

Mereka pun akan memanfaatkan drama dan konflik tersebut untuk membuat Anda menuruti apa yang mereka inginkan.

5. Manipulatif

Orang yang suka mengontrol pun kerap berlaku manipulatif. Orang yang manipulatif kerap menggunakan belas kasih, nilai, ketakutan, dan sisi sensitif lainnya untuk mengendalikan Anda atau situasi.

Beberapa orang yang manipulatif akan membuat Anda merasa bersalah demi tujuan yang mereka inginkan.


Baca juga artikel terkait TEMAN YANG SUKA MENGONTROL atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight