5 Rekomendasi Aplikasi Kalender Siklus Menstruasi untuk Android

Oleh: Yonada Nancy - 17 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Period Calendar, Period Tracker Flo, My Calendar, Clue, dan Hawa, merupakan beberapa aplikasi Android untuk menghitung siklus menstruasi.
tirto.id - Mengetahui siklus menstruasi bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi kaum hawa. Dengan mengetahui siklus menstruasi, para wanita bisa memprediksi kapan mereka akan melewati masa subur atau ‘tanggal merah.’

Siklus menstruasi menjadi penting untuk diketahui ketika ingin akan merencanakan sesuatu, seperti berlibur, melakukan ibadah tertentu, atau bahkan kehamilan.

Dilansir dari NHS, panjang siklus menstruasi bervariasi setiap wanita, tetapi rata-rata memiliki periode setiap 28 hari. Siklus bisa lebih panjang atau lebih pendek, normalnya berada di rentang 21 hingga 40 hari.

Toni Belfield, spesialis kesehatan seksual menyatakan bahwa siklus menstruasi dapat diukur sejak hari pertama menstruasi.

Cara yang paling mudah menghitung siklus ini adalah dengan manual, yakni menandai kalender yang ada di rumah. Namun, cara ini rawan terlewatkan dan terlupakan.


Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan untuk mengunduh berbagai aplikasi penunjang aktivitas sehari-hari, termasuk aplikasi kalender menstruasi. Aplikasi ini memudahkan banyak wanita untuk mengukur siklus menstruasi, apalagi terpasang di ponsel yang selalu dibawa.

Berikut 5 aplikasi kalender penghitung siklus menstruasi yang dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android:

1. Period Calendar

Aplikasi buatan Simple Design Ltd ini dapat membantu melacak dan memprediksi tanggal menstruasi penggunanya. Period Calendar juga dilengkapi fungsi untuk mengetahui informasi mengenai periode masa subur dan tanggal ovulasi potensial.

Aplikasi ini juga dapat mencatat suhu, hubungan seksual, kontrol kelahiran, berat badan, lendir serviks, suasana hati serta mengingatkan penggunanya untuk mengonsumsi pil KB. Karena kemampuannya yang beragam, aplikasi ini mendapat rating rata 4.9 dari pengguna.

2. Period Tracker Flo

Dirancang oleh Flo Health, aplikasi ini dapat memprediksi periode menstruasi setelah pengguna menandai tanggal menstruasi terakhir. Tracker Flo memiliki kemampuan prediksi akurat dan andal.

Aplikasi ini juga dapat mencatat kondisi perasaan, gejala-gejala fisik, dorongan seksual, serta aliran menstruasi. Selain itu, Tracker Flo juga dapat digunakan untuk memonitor tidur, konsumsi air, dan aktivitas fisik.

3. My Calendar

Aplikasi My Calendar memiliki kemampuan pelacakan siklus menstruasi yang dapat disesuaikan oleh masing-masing pengguna. Memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur bukan lagi menjadi masalah dengan aplikasi ini.

My Calendar dilengkapi dengan tugas melacak periode teratur maupun tidak teratur. Aplikasi ini juga bisa mengukur suhu, berat badan, suasana hati, gejala fisik, serta aliran darah. My Calender cocok bagi mereka yang ingin merencanakan kehamilan, karena dilengkapi dengan prediksi masa subur.


4. Clue

Jurnal Obstetrics & Gynecology menobatkan Clue sebagai aplikasi pelacak periode menstruasi dan ovulasi terbaik. Aplikasi Clue dirancang oleh American College of Obstetricians and Gynaecologist.

Clue mampu membantu penggunanya mengindentifikasikan pola siklus menstruasi unik. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan pelacak periode menstruasi, suasana hati, kesehatan, dan aktivitas olahraga.

5. Hawa

Merupakan aplikasi pelacak siklus menstruasi karya pengembang Indonesia. Aplikasi yang diluncurkan oleh KongKo Digital ini telah diunduh lebih dari satu juta kali. Hawa memiliki kemampuan untuk memantau siklus haid hingga periode kehamilan.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai artikel seputar perempuan. Hawa juga memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna lain layaknya menggunakan media sosial.


Baca juga artikel terkait MENSTRUASI atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Ibnu Azis
DarkLight