5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan: Cegah Kanker Hingga Diabetes

Oleh: Irene Aprilya Meok - 12 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat daun salam: bisa mengobati penyakit kanker, diabetes, dan sebagai antioksidan alami.
tirto.id - Daun salam ternyata memiliki banyak manfaat selain dikenal sebagai bumbu dapur dan masakan. Daun salam biasanya tumbuh di daerah wilayah iklim tropis dan subtropis.

Secara umum, daun yang bernama latin syzygium polyanthum ini digunakan sebagai penyedap rasa dan penambah aroma/ penghilang bau amis pada makanan.

Lalu apa saja sebenarnya manfaat dari daun salam? Di antaranya daun salam bisa mengobati penyakit kanker, diabetes, dan lain-lain. Berikut uraian manfaat daun salam seperti dilansir dari Healthline:

1. Membantu membunuh sel kanker

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak daun salam dapat membantu untuk membunuh sel kanker dengan membantu proses apoptosisi atau kematian sel yang terprogram.

2. Menurunkan dan mengelola kadar glukosa

Mengonsumsi pil yang berisi ekstrak daun salam sebanyak 1-3 gram setiap harinya terbukti dapat menurunkan dan mengelola kadar glukosa dan kadar kolesterol pada pasien diabetes.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 oleh Aljamal, terhadap 65 pasien diabetes melitus dengan meminta pasien mengonsumsi 2 gram ekstrak bubuk daun salam selama 4 minggu juga mendapatkan hasil menurunnya kadar gula darah dan kolesterol total.

3. Mencegah batu ginjal

Daun salam dipercaya dapat mencegah batu ginjal karena mampu mengurangi jumlah urase didalam tubuh.

4. Mengobati luka

Daun salam dipercaya dapat membantu untuk mengobati luka karena hasil penelitian menunjukkan bahwa daun salam memiliki sifat pengurangan peradangan di daerah sekitar luka.

Penelitian ini baru dilakukan kepada tikus, belum pernah dilakukan pada manusia, namun peneliti optimis reaksinya akan sama seperti manusia.

Nutrition and you juga menambahkan manfaat lain dari daun salam, yakni sebai antioksidan alami.

5. Antioksidan alami

Daun salam mengandung vitamin A yang sangat baik. Vitamin A penting untuk pengelihatan normal dan menjaga kesehatan mukosa dan kulit.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dapat membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

Manfaat lainnya dari daun salam yaitu mampu membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah, manfaat ini didapatkan dari kandungan lainnya dari daun salam yaitu kalium.

Selain itu, juga terdapat kandungan tembaga dan mangan yang berguna sebagai pendamping enzim antioksidan dan superoksida dismutase.


Baca juga artikel terkait MANFAAT DAUN SALAM atau tulisan menarik lainnya Irene Aprilya Meok
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Irene Aprilya Meok
Penulis: Irene Aprilya Meok
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight