5 Jenis Buah dan Sayur yang Bisa Dikonsumsi Anjing Peliharaan

Oleh: Febri Eka Pambudi - 11 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
5 jenis buah dan sayur yang bisa dimakan anjing peliharaan: semangka, apel, wortel, kacang hijau, bayam.
tirto.id - Memilih makanan untuk anjing peliharaan pada umumnya adalah hal yang mudah dilakukan, akan tetapi makanan anjing tidak harus selalu dibeli di toko. Bisa juga memberikan makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

Dikutip dari Reader’s Digest, buah dapat menjadi makanan yang bergizi dan lezat untuk anjing.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memberi makan kepada anjing. Karena jika salah memilih makanan untuk anjing peliharaan, akan berakibat diare, tremor, depresi, bahkan gagal ginjal.

Direktur layanan hewan untuk pusat medis di Amerika Tengah Dr. Kelly Ryan menyebutkan, penting untuk mengetahui bahwa anjing dapat memiliki intoleransi seperti halnya manusia.

"Anjing yang salah makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan bahkan reaksi alergi,” ujar Kelly.

Berikut ini adalah buah–buahan dan sayuran yang baik untuk anjing.

1. Semangka

Semangka adalah buah yang mampu membangkitkan tenaga, rendah kalori, dan mengandung vitamin A, B6, dan C dan zat besi kalsium. Menurut The American Kennel Club, semangka banyak mengandung air, akan lebih baik disajikan di siang hari dalam bentuk dingin .

2. Apel

Apel termasuk dalam makanan ringan dan mengandung vitamin A, C, omega-3, omega-6, dan antioksidan. Apel sangat baik bagi anjing. Tetapi, jangan sampai biji apel termakan oleh anjing, sebab biji apel mengandung sianida yang beracun bagi anjing.

3. Wortel

Jika memiliki anjing yang masih kecil, wortel adalah makanan yang cocok baginya. Bisa diberikan secara mentah maupun direbus terlebih dahulu.

4. Kacang hijau

Menurut situs Rover, kacang hijau mengandung omega-3, vitamin A, C, dan K, asam folat, magnesium, kalsium, dan kalium.

5. Bayam

Bayam kaya akan vitamin K, zat besi, dan antioksidan. Bayam berguna untuk meningkatkan kesehatan anjing karena dapat meningkatkan energi dan kekebalan tubuhnya.


Selain buah dan sayur, anjing juga menyukai daging. Tetapi, pastikan memberikan daging yang tidak mengandung banyak lemak. Karena lemak dapat membuat berat badan anjing bertambah.

Kaldu ayam dan ikan adalah makanan yang cocok. Salmon adalah salah satu contoh ikan yang baik dikonsumsi oleh anjing.

Menurut Ann Hohenhaus, DVM, dari laman Animal Medical Center, sebagian besar dokter hewan merekomendasikan untuk memberi makanan dengan sumber protein yang dimasak terlebih dahulu.

Hal tersebut kareba penyakit dan mikroba dalam telur dan daging akan hilang ketika direbus atau dimasak dengan benar.

Ada hal yang harus diperhatikan ketika memberi makan bagi anjing, yaitu menghindari makanan yang mengandung xylitol (pengganti gula), karena dapat menyebabkan anjing terkena racun dan berakibat buruk.

Hal lain yang harus dihindari adalah memberi anggur dan kismis, karena dapat menyebabkan anjing muntah dan kehilangan nafsu makan. Bawang juga mengandung tiosulfat sebab bisa membuat anjing terkena anemia hemolytic (meledaknya sel darah merah).

Selain itu, jangan berikan coklat kepada anjing, karena coklat mengandung theobromine, zat yang mirip dengan kafein sebab akan menyebabkan anjing memiliki darah tinggi, tremor, dan kejang.


Baca juga artikel terkait MAKANAN MANUSIA UNTUK ANJING atau tulisan menarik lainnya Febri Eka Pambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Febri Eka Pambudi
Penulis: Febri Eka Pambudi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight