5 Film Soal Wabah untuk Work From Home: Ada Contagion & Chernobyl

Oleh: Sirojul Khafid - 17 Maret 2020
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis 5 film tentang wabah: Contagion, Chernobyl, hingga World War Z
tirto.id - Beberapa perusahaan dan instansi pemerintah serta sekolah banyak yang mengalihkan kegiatannya di rumah karena kekhawatiran penyebaran virus covid-19.

Pola ini sedikit banyak mengubah kegiatan masyarakat. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menikmati waktu entah bersama keluarga ataupun sendiri, salah satunya dengan menonton film atau serial.

Dari banyak tema tentang film dan serial, salah satunya yaitu tema tentang wabah. Bisa jadi, saat melihat film atau serial ini, kita mendapat perspektif baru dalam menyikapi sebuah wabah yang sedang merebak.

Berikut lima rekomendari film dan serial bertema wabah sebagai tontonan Work From Home:

28 Days Later

Suatu masa, terdapat sebuah virus yang menyebar di Inggris. Setalah salah satu simpanse yang terinfeksi kabur dari kandangnya, dengan cepat dia menulari manusia dan mengubahnya menjadi zombi.

Di rumah sakit, Jim tersadar dari koma di hari ke 28 sejak virus menyebar. Dia tidak mendapati satu pun orang lain di rumah sakit. Saat dia keluar rumah sakit dan berkeliling di Inggris, semua kosong. Tidak ada orang satu pun. Hanya ada tanda-tanda bencana dan serakan-serakan kerusakan infrastruktur.

Dalam keadaan bingung tersebut, Jim diserang oleh zombi. Dia selamat setelah dibantu oleh Selena dan Mark. Kedua manusia yang juga selamat ini memberi tahu bahwa kemungkinan virus telah menyebar ke seluruh dunia. Mereka melakukan perjalanan menuju tempat perlindungan. Namun perjalanan tidak akan mudah saat banyak zombi berkeliaran.

28 Days Later merupakan karya sutradara Danny Boyle serta penulis naskah Alex Garland. Film ini tayang perdana pada 27 Juni 2003.


Train to Busan

Cerita bermula saat ada sebuah truk pembawa barang yang diizinkan melewati sebuah daerah yang telah tercemar virus. Truk yang telah terpapar virus tidak melihat bahwa dia mengenai rusa di jalan. Rusa tersebut mati dan berubah menjadi rusa zombi. Di situlah awal mula virus mulai tersebar.

Suatu hari, Seok-Woo (Yoo Gong), seorang manajer keuangan sebuah perusahaan, berangkat ke Busan bersama anaknya, Su-an (Kim Soo-ahn). Seok-Woo ingin memberikan hadiah ulang tahun kepada Su-an dengan membawanya ke Busan, tempat ibunya berada. Seok-Woo dan istrinya telah berpisah, sehingga pertemuan itu menjadi cukup berarti untuk Su-an.

Seok-Woo dan Su-an berangkat menggunakan KTX (kereta api cepat Korea) dari Seoul bersama para penumpang lain. Sayangnya, di dalam kereta tersebut ada seorang perempuan yang terluka kakinya. Saat petugas kereta api ingin menolong perempuan tersebut, dia justru menyerang petugas. Kemudian perempuan dan petugas kereta api berubah menjadi zombi.

Para zombi kemudian menyerang para penumpang kereta yang sudah mulai berjalan. Orang yang terkena gigitan zombi akan berubah menjadi zompi pula.

Train to Busan yang rilis pertama kali pada 22 Juli 2016 ini berada dalam arahan sutradara Yeon Sang-ho.

Chernobyl

Chernobyl mengisahkan tentang tragedi nuklir di Uni Soviet, tahun 1986, saat Reaktor 4 dari Chernobyl Nuclear Power Station meledak. Radiasi yang menyebar ke udara membunuh hingga ribuan orang kala itu, dan jumlah pasti korban jiwa masih diperdebatkan selama 33 tahun mendatang.

Dalam serial ini, kita akan melihat kehidupan manusia yang terdampak, solusi untuk bencana tersebut, serta masalah pribadi tokoh utamanya. Chernobyl mengisahkan cerita lebih dari sekedar peristiwa sejarah yang dibengkokkan atau ditutupi soal bencana nuklir yang menghidupkan 10 persen kebutuhan energi di Ukraine pada 1980 tersebut.

Chernobyl, miniseri yang terdiri dari lima episode ini berada dalam arahan sutradara Craig Mazin. Miniseri yang tayang di HBO ini tayang pertama kali pada 6 Mei 2019.


Contagion

Nama virus dalam film ini adalah MEV-1. Virus tersebut telah mengontaminasi jutaan orang di dunia yang penyebabnya diduga berasal dari kelelawar dan babi. Dalam Contagion ada penekanan apabila pemerintah tidak cepat mengatasi wabah tersebut, maka akan terjadi banyak kericuhan. Salah satu pemicu kericuhan juga media yang senang menyebarkan hoaks.

Selain kepanikan dalam hal wabah, banyak masyarakat yang juga berebut membeli makanan atau perlengkapan lainnya di supermarket.

Contagion, film yang rilis pertama kali pada 9 September 2011 ini berada dalam arahan sutradara Steven Soderbergh dan penulis naskah Scott Z. Burns.

World War Z

Pada suatu masa, ada virus misterius yang menginfeksi manusia di seluruh dunia. Virus tersebut membuat manusia yang terkena berubah menjadi zombi. Gerry Lane, mantan penyelidik PBB, berpacu dengan waktu untuk menemukan sumber infeksi. Dia juga masih harus melawan para zombi. Dunia yang hampir hancur berada di depan mata.

World War Z berada dalam arahan sutradara Marc Forster serta penulis naskah Matthew Michael Carnahan, J. Michael Straczynski, Damon Lindelof, dan Drew Goddard. Film ini rilis pertama kali pada 21 Juni 2013.


Baca juga artikel terkait FILM HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight