5 Film Pablo Escobar, "Raja" Narkoba Kolombia: Narcos-Paradise Lost

Kontributor: Dinda Silviana Dewi, tirto.id - 24 Mei 2022 12:30 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Sinopsis film tentang Pablo Escobar, gembong narkoba asal Kolombia. Berikut selengkapnya.
tirto.id - Apakah Anda tengah mencari film-film Pablo Escobar? Kisah Pablo Escobar yang fenomenal sering menjadi latar belakang cerita dari sebuah film atau serial, salah satunya adalah Narcos Musim Satu dan Narcos Musim Dua yang tayang di Netflix.

Pablo Escobar merupakan gembong narkoba asal Kolombia. Saat bisnis gelapnya mencapai puncak kejayaan, kartel yang ia pimpin menyuplai kurang lebih 80 persen kokain yang diselundupkan ke Amerika Serikat.

Dari hasil penjualan Kokain tersebut, Escobar berhasil mendapatkan pendapatan pribadi setidaknya 21,9 miliar dolar AS. Oleh karenanya, ia kerap dijuluki sebagai "Raja Kokain" dan menjadi kriminal terkaya pada masanya.

Mengutip ulasan salah satu film tentang Pablo Escobar di situs Regerebert, gembong narkoba yang terkenal kejam ini meninggal pada tahun 1993 setelah terlibat dalam sebuah baku tembak.


Sinopsis 5 Film Pablo Escobar



Setidaknya ada 5 film dan 1 serial dengan latar cerita tentang Pablo Escobar yang layak disaksikan untuk mengisi waktu luang. Berikut sinopsis singkatnya, seperti dikutip dari Vogue.

1. Narcos (Serial)

Narcos merupakan salah satu serial Netflix yang telah memikat banyak penonton sejak dirilis pada Agustus 2015 silam. Ceritanya mengikuti kehiduan Pablo Escobar yang selalu membuat penasaran.

Dalam serial ini, Escobar diperankan oleh Wagner Moura. Serial ini juga menceritakan bagaimana Escobar dan kartelnya yang bernama Medellin diburu oleh DEA, Badan Pemberantasan Narkoba AS.

Serial Narcos mendapatkan penilaian 8,8 dari 10 di situs IMDb.

2. Blow (Film)

Film ini merupakan besutan sutradara Ted Demme yang diproduksi pada tahun 2001. Namun, Blow tidak sepenuhnya menceritakan kisah Escobar.

Blow merupakan film biografi soal pengedar narkoba bernama George Jung yang mengelola impor kokain terbesar di Amerika serikat pada era 1970-an dan 1980-an.

Johnny Depp memerankan Boston George yang awalnya adalah pedagang ganja biasa. Dia lantas bertemu seorang pria asal Kolombia di penjara yang menceritakan kepadanya sistem perdagangan kokain terbesar di dunia, dan kisah sepak terjang Pablo Escobar (Cliff Curtis).

Boston kemudian diangkat menjadi tangan kanan dan orang terpercaya orang Kolombia yang ia temui di penjara tersebut.

Penilaian yang didapatkan oleh film ini pun cukup tinggi yaitu 7,6 dari 10 di situs IMDb.

3. Paradise Lost (Film)

Karakter Pablo Escobar diperankan oleh Benicio del Toro dalam film besutan sutradara Andrea Di Stefano ini. Film ini rilis pada tahun 2014 dan mengisahkan romantisme hubungan antara seorang peselancar muda asal Kanada bernama Nick (Josh Hutcherson) dan Maria. Nick lantas tahu, bahwa ternyata Maria adalah keponakan Escobar.

Paradise Lost mendapatkan penilaian sebesar 6,5 dari 10 di situs IMDb.

4. The Infiltrator (Film)

The Infiltrator mengisahkan misi seorang bernama Robert Mazur (Bryan Cranston) untuk membuka kedok 85 orang gembong narkoba yang bekerja untuk Pablo Escobar.

Mazur yang berprofesi sebagai agen khusus Amerika Serikat harus membongkar bank internasional yang terlibat dalam perdagangan manusia. Ia pun terpaksa mengubah identitasnya, dan menyusup ke klan pedagang kokain terbesar milik Escobar.

Film ini mendapatkan rating sebanyak 7.0 dari 10 di situs penilaian film IMDb.

5. Loving Pablo (Film)

Film ini memberikan sudut pandang yang berbeda tentang Pablo Escobar dibanding keempat kisah dalam daftar di atas. Dalam Loving Pablo, diceritakan kisah bagaimana Escobar (Javier Bardem) jatuh cinta dengan jurnalis Virginia Vallejo (Penelope Cruz). Vallejo merupakan seorang pembawa berita terkemuka di Kolumbia.

Pada awalnya, Vallejo menggunakan kesempatan emas mengenal Escobar lebih jauh guna mencari narasumber proyek properti di kawasan kumuh Midellin. Namun, keduanya saling jatuh cinta dan Vallejo menjadi kekasih gelap Escobar yang saat itu telah memiliki istri.

Film ini besutan sutradara Fernando Leon de Aranoa yang dirilis pada 18 Juli 2018 ini memperoleh penilaian 6,3 dari 10 di situs IMDb.

Profil Pabo Escobar



Pablo Emilio Escobar Gaviria adalah seorang gembong narkoba dan pengedar narkoba Kolombia. Kartelnya, pada puncak kariernya, diperkirakan 80% dari kokain yang ia diselundupkan ke Amerika Serikat, memberikan pendapatan pribadi US $21,9 miliar setahun.

Ia sangat terkenal pada masanya, Pablo Escobar sangat terkenal pada masanya, ia dikenal sebagai raja obat bius dari Kolombia. Pemimpin kartel obat bius di Medellin yang paling ditakuti dan paling kuat. Pada dekade 80an adalah puncak kegemilangannya, ia mengendalikan satu 'kerajaan' obat bius dan sekian banyak pembunuhan.

Sering disebut "Raja Kokain", dia adalah kriminal terkaya dalam sejarah, dengan kekayaan bersih yang diketahui diperkirakan US $30 miliar pada awal 1990-an, membuatnya salah satu orang terkaya di dunia pada masa jayanya.

Escobar lahir di Rionegro, Kolombia, dan dibesarkan di Medellín di dekatnya. Setelah sempat belajar di Universidad Autónoma Latinoamericana di Medellín, ia keluar tanpa gelar dan mulai terlibat dalam kegiatan kriminal yang melibatkan menjual rokok selundupan, bersama dengan tiket lotre palsu, dan berpartisipasi dalam pencurian kendaraan bermotor.

Pada 1970-an ia mulai bekerja untuk berbagai penyelundup barang ilegal, sering menculik dan menahan orang untuk tebusan sebelum mulai mendistribusikan bubuk kokain sendiri, serta membangun rute penyelundupan pertama ke Amerika Serikat, pada tahun 1975.

Infiltrasinya ke pasar narkoba AS diperluas secara eksponensial karena meningkatnya permintaan untuk kokain dan, pada 1980-an, diperkirakan bahwa 70 sampai 80 ton kokain dikirimkan dari Kolumbia ke AS secara bulanan. Jaringan narkoba itu umumnya dikenal sebagai Kartel Medellín, yang sering bersaing dengan kartel saingan dalam negeri dan luar negeri, yang mengakibatkan banyak pembantaian dan kematian polisi, hakim, penduduk setempat dan politisi terkemuka.

Pada tahun 1982, Escobar terpilih sebagai anggota alternatif dari Kamar Perwakilan Kolombia sebagai bagian dari Partai Liberal Kolombia. Melalui ini, dia bertanggung jawab untuk pembangunan banyak rumah sakit, sekolah, dan gereja-gereja di Kolombia barat, yang memberikannya popularitas dalam Gereja Katolik Roma lokal, serta dengan penduduk setempat dari kota-kota yang sering dikunjunginya. Namun, Escobar telah difitnah oleh pemerintah Kolombia dan Amerika Serikat, karena eksploitasi kekuasaan politiknya, yang mengakibatkan Kolombia menjadi ibukota pembunuhan dunia. Escobar ditembak dan dibunuh oleh Polisi Nasional Kolombia, di kampung halamannya, 24 jam setelah ulang tahun ke-44 nya




Baca juga artikel terkait REKOMENDASI FILM atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Yulaika Ramadhani
DarkLight