5 Fakta Once Upon A Time in Hollywood, Film Quentin Tarantino

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 4 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Fakta-fakta soal film Once Upon A Time in Hollywood karya Quentin Tarantino.
tirto.id - Film Quentin Tarantino, Once Upon a Time in Hollywood dibuat dengan mengambil latar belakang tahun 1970-an yang menggambarkan industri perfilman pada masa itu tengah menggandrungi spaghetti western, yakni film-film koboi bikinan Italia.

Film kesembilan milik Tarantino ini juga bertabur bintang, seperti Leonardo DiCaprio yang mengambil peran utama di Once Upon a Time in Hollywood setelah ia diganjar Oscar karena perannya di The Revenant.

Selain DiCaprio, film ini dibintangi aktor kawakan seperti Brad Pitt, Margot Robbie, Al Pacino, dan lain-lain. Ada beberapa fakta lain soal film ini yang sebaiknya perlu diketahui penonton, sebagaimana dihimpun Showbiz CheatSheet.

  • Sinopsis Film
Kisah ini terjadi pada zaman keemasan Hollywood: Los Angeles pada tahun 1969. Bintang televisi Rick Dalton (DiCaprio) berusaha untuk mendapatkan ketenaran bersama pemeran penggantinya, Cliff Booth (Brad Pitt).

Keduanya mulai menyadari Hollywood yang dulu mereka kenal sedang tumbuh dan berubah. Film ini berlangsung selama tiga tanggal spesifik: 8 Februari, 9 Februari, dan 8 Agustus. Signifikansi dari tanggal tersebut terungkap dalam film.

  • Film Fiksi
Trailer Once Upon a Time di Hollywood menampilkan banyak aktor dan aktris legenda seperti Sharon Tate dan Bruce Lee. Jadi, Once Upon a Time di Hollywood sepertinya didasarkan pada kisah nyata, tetapi tidak sepenuhnya.

Terlepas dari kenyataan beberapa karakter adalah orang-orang yang ada di dunia nyata, yang merupakan bagian dari Hollywood 1960-an, Once Upon a Time di Hollywood adalah murni karya fiksi.

Namun, karakter DiCaprio dan Pitt didasarkan pada beberapa aktor Hollywood kehidupan nyata, seperti Burt Reynolds dan Hal Needham. Terlepas dari itu semua, kisah ini adalah karya fiksi.

  • Keluarga Manson di Once Upon a Time in Hollywood
Keluarga Manson muncul di Once Upon a Time in Hollywood. Charles Manson, diperankan oleh Damon Herriman, dan pengikutnya muncul di film terbaru Tarantino.

Para pengikutnya diperankan Lena Dunham dan Dakota Fanning. Keluarga Manson memiliki sekte pemujaan di California selama akhir 1960-an, dipimpin oleh Charles Manson. Sekte itu memiliki sekitar 100 pengikut.

  • Kontroversi Once Upon a Time in Hollywood
Tarantino bukan sekali saja terlibat kontroversi, soal penggunaan cemoohan rasial dan kteerkaitannya dengan Roman Polanski dan Harvey Weinstein.

Kontroversi dari Once Upon a Time di Hollywood berasal dari fakta soal film komedi yang menampilkan pembunuhan aktris Sharon Tate di kehidupan nyata. Para penonton takut film itu akan memuja Charles Manson.

Once Upon a Time di Hollywood juga dibintangi Emile Hirsch, yang menjalani hukuman penjara karena menyerang eksekutif studio Daniele Bernfeld.

Film ini juga dikritik karena memiliki penggambaran ofensif aktor Bruce Lee.

"Tarantino memiliki hak artistik untuk menggambarkan Bruce dengan cara apa pun yang dia inginkan," kata Kareem Abdul-Jabbar kepada USA Today.

"Tetapi melakukannya dengan cara yang ceroboh dan agak rasis adalah kegagalan, baik sebagai seniman maupun sebagai manusia," ujarnya.

  • Margot Robbie dan Sharon Tate
IMDb mencatatkan, Margot Robbie yang memerankan Sharon Tate memakai perhiasan asli Sharon Tate. Adik Sharon Tate, Debra, memberi Robbie perhiasan untuk dipakai.

Ketika Sharon pergi ke pertunjukan filmnya, The Wrecking Crew (1968) pembuat film memilih untuk menggunakan film yang sebenarnya, daripada menciptakan kembali adegan yang diperankan Robbie. Sharon Tate yang sebenarnya muncul di layar bioskop.


Baca juga artikel terkait FILM BOX OFFICE atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Film)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight