5 Drama Korea yang Bisa Ditonton Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Oleh: Syarifah Aini - 22 Desember 2018
Dibaca Normal 2 menit
Drama Korea Reply 1988 hingga Encounter bisa ditonton saat libur Natal dan tahun baru
tirto.id - Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu saat libur Natal dan tahun baru. Beberapa di antaranya bahkan tidak memerlukan biaya untuk dinikmati, misalnya menonton drama Korea.

Berikut ini 5 daftar drama Korea yang dapat dinikmati untuk menghabiskan waktu saat libur Natal dan tahun baru.

1. Reply 1988

Drama pertama yang cocok ditonton saat liburan adalah “Reply 1988”. Drama yang rilis pada tahun 2015 dan berhasil meraih rating sebanyak 18,8 persen ini secara umum bercerita tentang kehidupan 5 keluarga yang tinggal di Distrik Dobong, Seoul.

Mengambil latar waktu di era tahun 80-an, drama ini sangat kental dengan nuansa nostalgia. Mulai dari gaya berpakaian, musik, dan film yang diputar, hingga alat komunikasi yang digunakan.

Reply 1988 juga semakin menarik karena dibumbui kisah persahabatan dan percintaan antara 4 laki-laki dan 1 perempuan, yaitu Choi Taek (Park Bo Gum), Kim Jung Hwan (Ryu Jun-Yeol), Sung Sun Wo (Go Kyung Pyo), Dong Ryong (Lee Dong Hwi), dan terakhir seorang tokoh perempuan bernama Duk Seon yang diperankan oleh Lee Hyeri (personel Girl’s Day).

Selain menyuguhkan suasana nostalgia dan kisah persahabatan, drama ini juga dipenuhi dengan kisah kehangatan keluarga yang sederhana, serta keakraban dalam hidup bertetangga.


2. School 2013

School 2013 merupakan drama Korea yang meraih rating cukup tinggi pada masanya, yaitu 11,5 persen.

Darma ini bercerita tentang kehidupan masa sekolah khususnya masa SMA. Diperankan oleh aktor ternama Kim Wo Bin dan Lee Jong Suk, membuat karakter tokoh dalam drama ini semakin lebih hidup.

Konflik dalam drama ini diawali ketika Sekolah Seungri kedatangan siswa baru yaitu Park Heung Soo (Kim Wo Bin) yang menarik perhatian para siswa di sekolah tersebut kecuali Go Nam Soon (Lee Jong Suk).

Alih-alih tertarik, Nam Soon justru menganggap Heung So tidak pernah ada dalam kesehariannya. Ternyata, di balik rasa tak pedulinya terdapat sebuah masa lalu yang rumit di antara keduanya.

Melalui drama bergenre drama remaja ini, penonton akan disuguhkan berbagai macam konflik dalam kehidupan remaja Korea mulai dari konflik persahabatan, konflik pertemanan, konflik mental, konflik sekolah, hingga konflik keluarga.

3. Goblin

Goblin merupakan drama bergenre fantasi romantis yang diperankan oleh tiga aktor tampan Korea Selatan, yaitu Gong Yo, Lee Dong Wook, dan Yook Seung Jae “BTOB”.

Jika biasanya drama Korea membuat penonton terpikat dengan pesona seorang "oppa" (sebutan kakak laki-laki oleh perempuan di Korea), maka dalam drama ini penonton akan dibuat terpikat oleh pesona seorang Ahjussi (sebutan om atau laki-laki dewasa oleh perempuan di Korea).

Drama ini mengangkat kisah yang bertema fantasi yaitu tentang kehidupan rumit yang harus dihadapi oleh seorang Goblin, Grim Reaper, dan seorang gadis SMA bernama Ji Eun Tak (Kim Go Eun) yang dapat melihat hantu.

Lewat drama ini, penonton akan diajak untuk menebak-nebak alur yang terjadi serta hubungan yang terjalin antar tokoh yang berperan di dalamnya.

Selain memiliki alur kisah yang menarik dan susah ditebak, drama Goblin ini juga merupakan salah satu drama popular Korea yang mampu meraih rating tinggi hingga 13,6 persen.


4. Fight for My Way

Bagi penggemar aktor tampan Park Seo Joon, drama Fight for My Way wajib masuk dalam daftar drama yang ditonton pada masa liburan ini. Drama yang memiliki rating cukup tinggi yaitu 12,6 persen ini, merupakan drama bergenre drama dan komedi romantis.

Drama ini secara khusus berkisah tentang perjuangan Ae Ra (Kim Ji Won) yang berusaha meraih mimpinya sebagai presenter. Sementara teman masa kecilnya yaitu Go Dong Man (Park Seo Joon) melawan trauma yang ia alami akibat insiden waktu ia menjadi petinju.

Dibumbui dengan kisah pertemanan dan romantisme, membuat drama besutan KBS2 ini menjadi salah satu drama menarik dan yang wajib dinikmati di masa libur Natal dan Tahun Baru.

5. Encounter

Drama terakhir yang dapat dinikmati saat ini adalah Encounter. Drama yang baru saja tayang awal akhir November lalu merupakan salah satu dari jajaran drama Korea popular pada tahun 2018.

Drama ini bercerita tentang kisah percintaan rumit yang dialami oleh seorang wanita konglomerat Cha Soo Hyun (Song Hye Kyo) dengan seorang pria biasa yang sedang berjuang mencari pekerjaan tetap Kim Jin Hyeok (Park Bo Gum).

Alur menarik yang didukung dengan pemeran ternama ini membuat Encounter diminati penonton dan berhasil meraih rating yang cukup tinggi yaitu 11,9 persen di episode ke-2.

Selain disuguhkan dengan alur cerita yang menarik dan pemain ternama, Encounter juga menyuguhkan sinematografi yang indah dengan latar belakang episode pertama dan kedua yang dilakukan di Kuba.


Baca juga artikel terkait LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU 2019 atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Ibnu Azis
DarkLight