5 Cara Salah Mengonsumsi Makanan Sehat: Bawang Putih hingga Kiwi

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 12 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
5 kesalahan mengonsumsi makanan sehat dan umum digunakan banyak orang: mulai dari bawang putih hingga kiwi.
tirto.id - Menjalani gaya hidup sehat sangat penting terutama saat dunia berhadapan dengan pandemi Coronavirus.

Mengonsumsi jenis makanan yang tepat dapat membantu mencegah penyakit dan menurunkan kemungkinan terinfeksi COVID-19.

Seperti dilansir laman Medical Daily, diet sehat adalah diet yang seimbang serta mendorong keinginan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Namun, persiapan makan sama pentingnya dengan makanan yang akan dimakan, karena bagaimana cara seseorang menangani bahan-bahannya dapat sangat mempengaruhi nilai gizi makanan tersebut.

Menurut Atlas of Science, bagaimana cara menyiapkan atau memasak makanan sangat penting dalam memastikan nutrisi dari makanan yang dimakan.

Buah-buahan dan bahan kimia tertentu harus ditangani dengan cara yang benar agar komponen-komponennya yang bermanfaat tidak hilang ketika dimasak.

Pinkvilla menyebutkan beberapa buah dan sayuran sehat yang paling sering ditangani serta dimakan dengan cara yang salah oleh banyak orang. Anehnya, cara tersebut juga sangat umum dilakukan oleh sebagian besar rumah tangga.

Berikut 5 makanan sehat yang umumnya sering salah cara saat menyiapkan dan mengonsumsinya:

1. Bawang putih.

Jenis bahan ini mengandung enzim penting yang disebut allicin. Orang-orang biasanya menyiapkan bawang putih dengan memotongnya dan melemparkannya ke dalam wajan segera.

Namun, kekuatan allicin hanya meningkat ketika terkena udara. Oleh karena itu, yang terbaik adalah membiarkan bawang putih selama 10 menit setelah memotongnya, baru kemudian dimasak.

2. Tomat

Tomat juga dimakan dengan cara yang salah oleh banyak orang karena biasanya dikonsumsi mentah.

Tetapi para ahli mengatakan bahwa tomat harus dimasak untuk menikmati manfaat dari kandungan likopennya. Nutrisi buah dan sayuran ini meningkat ketika dipanaskan.


3. Biji rami

Biji rami adalah makanan super utama dan harus ditambahkan ke dalam diet. Makanan ini mengandung nutrisi penting seperti serat, omega-3, lignan, dan fitonutrien.

Hanya saja tubuh kita tidak dapat mencernanya ketika dimakan utuh. Hancurkan terlebih dahuu sebelum dimakan agar tidak kehilangan manfaatnya.

4. Brokoli

menurut para ahli, brokoli tidak boleh digoreng atau direbus. Brokoli harus dikonsumsi mentah atau dikukus.

Brokoli kaya akan antioksidan, vitamin C, dan senyawa anti kanker yang bisa hilang ketika sayuran digoreng atau direbus.

5. Kiwi

Banyak orang suka mengupas kulit buah sebelum memakannya. Namun, kulit kiwi sebenarnya mengandung vitamin E konsentrasi tinggi, folat dan nutrisi lainnya.

Dianjurkan untuk mengonsumsi kulit dan buah kiwi secara keseluruhan.


Baca juga artikel terkait KESALAHAN MENGONSUMSI MAKANAN SEHAT atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight