5 Cara Agar Ponsel Lama Tetap Seperti Baru Tanpa Perlu Beli

Oleh: Yonada Nancy - 28 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Beberapa tips merawat smartphone lama agar selalu terlihat baru.
tirto.id - Mengganti ponsel secara berkala adalah hal yang penting bagi sebagian orang. Apalagi beberapa tahun terakhir, dunia telah memasuki era smartphone yang tampilan serta kemampuan software-nya selalu memunculkan inovasi-inovasi menarik. Istilah upgrade ponsel lantas dijadikan bagian dari strategi marketing berbagai perusahaan teknologi.

Dua perusahaan smartphone terkemuka di dunia, Apple dan Samsung selalu mengeluarkan produk-produk baru yang lebih canggih setiap beberapa bulan. Kedua perusahaan raksasa ini memegang tren smartphone dan produknya selalu habis diborong oleh orang-orang, baik dari kalangan biasa maupun sosialita.

Dikutip dari The National, perusahaan-perusahaan seperti Apple dan Samsung mampu membawa konsumerisme ke tingkat yang baru melalui manipuasi psikologis. “Teruslah membeli” seolah menjadi mantra perusahaan untuk membeli produknya yang selalu nampak memesona.

Meskipun begitu dalam kenyataannya masih banyak orang-orang yang lebih memilih menggunakan smartphone mereka dan menggantinya ketika dibutuhkan. Kuncinya adalah menggunakan smartphone dengan baik dan seawet mungkin agar tetap berfungsi dengan baik. Dilansir CNBC, ada beberapa tips merawat smartphone agar selalu terlihat baru, seperti berikut.

  • Aktivasi perintah software updates
Pastikan smartphone telah mengaktivasi software updates-nya untuk memperbarui berbagai software yang ada di dalamnya, seperti software keamanan, pembersih chache, ataupun antivirus. Pembaruan rutin mungkin akan sulit dilakukan oleh beberapa jenis smartphone lama. Namun, ketika smartphone masih bisa baru, usahakan selalu mengikuti pembaruan software agar kinerjanya tidak kalah dengan smartphone keluaran terbaru.

  • Sisakan memori
Menyimpan banyak aplikasi, foto, atau video memang akan memakan memori. Pada akhirnya memori yang penuh akan mengurangi kinerja ponsel. Ada baiknya untuk menghapus atau memindahkan foto atau video di perangkat penyimpanan lain seperti hardisk atau laptop yang memiliki lebih banyak ruang. Menggunakan penyimpanan online semacam cloud dan google drive juga bisa menjadi solusi untuk menyisakan ruang penyimpanan dalam smartphone. Jangan lupa untuk menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan.

  • Identifikasi aktivitas yang memakan terlalu banyak daya baterai
Selalu ada aplikasi yang bersifat ‘boros baterai’. Dalam penggunaannya, aplikasi ini akan membuat baterai ponsel lebih cepat habis dan berfungsi tidak maksimal bahkan memerlukan baterai pengganti. Keadaan ini tentu perlu diantisipasi. Cara mencari tau aplikasi mana saja yang memakan daya baterai adalah:

Untuk Iphone : buka Setting – tap pengaturan Battery – pilih Battery Usage by App – hapus aplikasi-aplikasi yang memakan banyak daya baterai atau batasi penggunaannya.

Untuk Android : buka Setting – tap pengaturan Battery – tap ikon menu yang ada di atas kanan – pilih Battery Usage - hapus aplikasi-aplikasi yang memakan banyak daya baterai atau batasi penggunaannya.

  • Ganti baterai jika dibutuhkan
Jika ternyata baterai ponsel ternyata mengalami kondisi penurunan daya yang tidak normal, maka menggantian baterai perlu dilakukan. Memang sedikit merogoh kocek, namun setidaknya dengan ini ponsel bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

  • Gunakan pelindung fisik
Smartphone pasti akan sering digunakan dan dibawa kemana pun. Risiko mengalami kecelakaan dan kerusakan pada fisik ponsel tentu selalu ada. Memasangkan pelindung layar dan badan smartphone bisa dilakukan untuk melindungi ponsel dari kecelakaan dan kerusakan fisik. Ditambah berbagai casing yang beredar saat ini bisa meningkatkan tampilan ponsel menjadi lebih menarik.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - )

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight