5 Alasan Upgrade ke iOS 13 Bagi Pemilik iPhone dan iPod Touch

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 20 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pemilik iPhone dan iPod Touch dapat mempertimbangkan 5 alasan ini sebelum memutuskan untuk upgrade ke iOS 13.
tirto.id - Setidaknya ada 5 alasan mengapa para pemilik iPhone dan iPod yang mendukung, untuk upgrade sistem operasi ke iOS 13. Adapun alasan-alasan ini terkait dengan sejumlah fitur baru yang ditawarkan oleh OS mobile teranyar Apple tersebut.

iOS 13 secara resmi telah 'disebar' Apple mulai hari ini, Jumat, 20 September 2019. Apple menggulirkan iOS 13 ke 15 perangkat yang mendukung, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus.

Gawai selanjutnya, yaitu iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, dan iPod Touch (generasi ke-7). Tak ada perangkat iPad di sini, lantaran memakai sistem operasi khusus Apple untuk gawai tablet yakni iPadOS.

iOS 13 menawarkan sejumlah fitur baru guna meningkatkan pengalaman pengguna. Berikut ini 5 alasan yang dapat jadi pertimbangan para pemilik iPhone dan iPod sebelum upgrade sistem operasi ke iOS 13.

1. Bikin Mata Lebih Nyaman

Salah satu fitur unggulan iOS 13 adalah hadirnya fitur Dark Mode atau tema gelap. Fitur ini membuat tampilan antarmuka iOS 13 secara umum menjadi hitam gelap yang membuat mata lebih nyaman dan tidak mudah lelah saat menatap layar dalam waktu lama.

Keunggulan lain dari Dark Mode adalah menghemat baterai bagi ponsel dengan layar OLED. Saat ini beberapa iPhone keluaran terbaru sudah menggunakan layar OLED, sehingga mendapatkan benefit-nya. Fitur ini juga sudah didukung oleh sebagian besar aplikasi bikinan Apple.

2. Mengetik Lebih Cepat

iOS 13 memberikan pengalaman mengetik yang lebih nyaman dan cepat dengan hadirnya Quick Path. Fitur ini memungkinkan pengguna mengetik dengan cara swipe atau mengusap di keyboard. Meski demikian, fitur yang ditawarkan Quick Pathe sebenarnya sudah lama hadir di Android.

3. Apple Maps Lebih Komprehensif

Apple Maps telah dirombak total di iOS 13 agar menampilan data dan peta lebih lengkap. Di Apple Maps baru, pengguna bisa menjumpai sejumlah fitur menarik, seperti Share ETA untuk memperkirakan waktu jarak tempuh, Real-time Transit, termasuk Flight Status.

4. Peningkatan Performa

Apple mengklaim iOS 13 memberikan lompatan performa dan stabilitas jika dibandingkan dengan iOS versi sebelumnya. iOS 13 menawarkan kecepatan 2x lebih cepat saat meluncurkan aplikasi. Selain itu, untuk iPhone tipe tertentu meningkat 30% lebih cepat dan ukuran update aplikasi lebih kecil.

5. Baterai Lebih Optimal

iOS 13 menawarkan opsi untuk memperlambat laju penuaan baterai. Caranya, dengan mengurangi waktu yang dihabiskan iPhone saat mengisi baterai penuh. iPhone akan mempelajari rutinitas pengisian harian baterai pengguna


Baca juga artikel terkait IOS atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight