413 WNA Cina Tiba di Indonesia Sepekan Ini Saat Mudik Dilarang

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 9 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pada Sabtu kemarin tiba lagi WNA asal Cina berjumlah 157 orang.
tirto.id - Dalam sepekan ini terdapat ratusan WNA asal Cina masuk Indonesia di tengah berlakunya larangan mudik di dalam negeri.

Kloter ketiga WNA Cina terdapat 157 orang menumpang pesawat China Southern Airlines CZ387 dari Guangzhou RRT dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (8/5/2021) pukul 05.00 WIB. Dalam pesawat ini terdapat 3 warga negara Indonesia.

Sebelumnya WNA Cina datang dalam dua gelombang pada Selasa (4/5) sebanyak 85 orang dan Kamis (6/5) sebanyak 171. Dengan demikian jumlah mereka 413 orang.

"Seluruh WNA telah mengantongi rekomendasi dari instansi yang berwenang. Adapun detail penumpang terdiri dari 157 WNA dan 3 WNI," kata Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Jhoni Ginting, Minggu (9/5/2021).

Ia menjelaskan, sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, seluruh penumpang telah mendapatkan rekomendasi dari KKP Kementerian Kesehatan.

"Petugas imigrasi tidak akan memberikan izin masuk jika para penumpang tidak lulus pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri yang telah ditentukan oleh Satgas Penanganan Covid-19," jelas dia.

Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara berdalih kedatangan mereka sudah sesuai dengan aturan WNA pada masa pandemi COVID-19.

Arya menjelaskan, secara keimigrasian visa dan dokumen sudah sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Untuk memastikan bebas dari COVID-19, kata Arya, para WNA dan WNI juga sudah diperiksa melalui standar protokol kesehatan yang ketat.

"Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, para penumpang telah melalui pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri oleh pihak KKP Kemenkes," kata Arya.


Baca juga artikel terkait WNA CINA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali
DarkLight