4 Perawatan Kecantikan Untuk Atasi Stres

Oleh: Ninda Fitria - 27 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Berdasarkan studi, stres dapat mempengaruhi kondisi kulit seperti munculnya jerawat dan peradangan kulit.
tirto.id - Stres adalah hal umum yang bisa terjadi pada semua orang. Stres umumnya pada orang yang menjalani hari-hari yang padat, dan stres bisa muncul kapan saja.

Dikutip dari web my clevelandclinic, stres adalah reaksi tubuh terhadap perubahan yang membutuhkan penyesuaian atau respons. Tubuh bereaksi terhadap perubahan tersebut dengan respons fisik, mental, dan emosional. Stres adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Seseorang dapat mengalami stres dari lingkungan, tubuh, dan pikiran.

Berdasarkan studi, stres dapat mempengaruhi kondisi kulit seperti munculnya jerawat dan peradangan kulit. Dilansir dari web md, pada 2003 sebuah studi Universitas Stanford yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology menemukan bahwa mahasiswa mengalami flare-up jerawat selama masa ujian, periode saat mereka melaporkan lebih banyak stres, dibandingkan dengan periode tanpa ujian.

Akademi Dermatologi Amerika dalam webnya menuliskan, stres dapat menyebabkan ujung saraf kulit melepaskan tingkat peningkatan bahan kimia ini. Ketika ini terjadi dapat memengaruhi bagaimana dan pada tingkat apa tubuh kita merespons berbagai fungsi penting. Seperti sensasi dan kontrol aliran darah, serta dapat berkontribusi pada gejala stres yang kita rasakan. Selain itu, pelepasan bahan kimia ini dapat menyebabkan radang kulit.

Untuk mengatasi stres dapat dilakukan dengan perawatan atau memanjakan kulit Anda. Beberapa perawatan kecantikan yang dapat dilakukan menurut web good house keeping di antaranya:

1. Gunakan masker anti iritasi

Saat sedang mengalami stres kulit cenderung kurang sehat dan mudah terkena iritasi. Untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dapat dilakukan dengan meracik masker iritasi sendiri.

Caranya, campurkan segenggam blueberry dengan beberapa sendok makan susu skim atau susu murni, kemudian blender hingga halus. Oleskan campuran ini ke wajah dan pijat dengan lembut. Setelah lima menit bilaslah dengan air hangat dan gunakan handuk lembut.

2. Gunakan masker pelembab

Masker pelembab dapat dibuat sendiri dengan mencampurkan madu dan oatmel. Cara membuatnya, campurkan beberapa sendok makan madu dengan beberapa putih telur dan satu sendok makan oatmeal untuk membuat adonan yang kental dan lengket. Oleskan masker ke wajah selama 10 menit, kemudian bilas dengan air.

Selagi menunggu masker mengering, kita bisa melakukan relaksasi pada mata untuk menenangkan kulit halus di sekitar area mata. Sebab stres paling sering terlihat dibagian mata. Caranya, celupkan dua kantong teh hijau dalam air hangat dan letakkan di mata Anda setelah dingin. Tunggu hingga beberapa saat sampai terasa lebih nyaman.

3. Bersihkan kulit wajah dengan benar

Bersihkan kulit wajah dengan air, taruh wajah Anda di atas mangkuk air panas yang dicampur minyak zaitun selama kurang lebih 10 menit. Enzim alami yang terkandung dari uang campuran minyak zaitun dengan air panas ini dapat membuat kulit bercahaya. Selain itu uap panas yang lembut akan membuat kulit Anda terlihat lembab. Lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang halus dan cerah.

4. Tidur yang cukup

Hal yang paling dasar untuk mengurangi stres adalah dengan memperbaiki kualitas tidur yang baik. Pastikan untuk mendapat waktu tidur yang cukup ketika akhir pekan agar bisa kembali fresh menjalani hari-hari berikutnya.



Baca juga artikel terkait STRES atau tulisan menarik lainnya Ninda Fitria
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ninda Fitria
Penulis: Ninda Fitria
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight