4 Manfaat Menaruh Tanaman di Meja Kerja Bagi Kesehatan

Oleh: Yonada Nancy - 30 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tanaman yang diletakkan di atas meja kerja tidak hanya digunakan sebagai elemen dekoratif saja tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.
tirto.id - Sebagian besar dari kita tentu setuju bahwa berada di dekat tanaman hijau membuat kita merasa lebih rileks. Kantor, dalam hal ini salah satu tempat yang dikenal sebagai ‘zona stres’ sehingga membutuhkan obyek dekoratif maupun elemen alami agar lebih nyaman, salah satunya dengan cara meletakkan tumbuhan di meja kerja.

Beberapa kantor mungkin tidak memiliki ruang lebih untuk meletakkan tanaman, namun hal itu tentu bukanlah halangan bagi pegawai agar bisa menikmati manfaat dari tumbuhan. Anda bisa meletakkan pot kecil berisi tanaman ivy (Hedera helix), kaktus, lidah mertua, atau tanaman hijau lainnya di atas meja kerja.

Tanaman yang diletakkan di atas meja kerja tidak hanya digunakan sebagai elemen dekoratif saja tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat meletakkan tanaman di meja kerja Tirto,

1. Memperbaiki kualitas udara

Perabotan-perabotan yang ada di kantor seperti pendingin udara, pengharum ruangan, peralatan kebersihan berkontribusi pada buruknya udara kantor. Bagi orang yang menghirup udara dengan kualitas tak baik akan mengalami beberapa masalah seperti sakit kepala, pusing, hingga masalah pernapasan dan kelelahan.

Tanaman yang diletakkan di dekat meja, dapat membantu memurnikan udara yang ada di sekitarnya. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Fraser Torpy dari Universitas Sydney membuktikan bahwa meletakkan tanaman dalam ruangan dapat membantu mengurangi tingkat karbondioksida sekitar 10 persen di kantor ber-AC dan 25 persen di gedung tanpa AC. Tanaman juga terbukti mampu menghilangkan bahan kimia seperti benzene, trichlorethylene, dan formaldehyde dari udara.

2. Mengurangi stres

Dilansir dari CIPHR, di tahun 2010 sebuah studi membuktikan bahwa menaruh tanaman di lingkungan kerja secara signifikan dapat mengurangi stres di kalangan pegawai. Hasil dari studi tersebut menyatakan penurunan kecemasan pegawai sebanyak 37 persen, penurunan depresi sebanyak 58 persen, penurunan kelelahan sebanyak 38 persen, serta penurunan terjadinya konflik sebanyak 44 persen. Para peneliti percaya bahwa ini ada hubungannya dengan warna hijau yang dihasilkan oleh tanaman dapat membantu mengurangi stres dan memberi rasa rileks.

3. Meningkatkan kreativitas dan produktivitas

Pada tahun 2015, Human Space membuktikan bahwa karyawan yang bekerja di lingkungan dengan elemen alami 15 persen lebih kreatif dibanding karyawan yang pada kantornya tidak menyertakan elemen alami. Para peneliti percaya bahwa hal ini terjadi karena otak manusia akan mengalami pemulihan ketika melihat elemen alam seperti tanaman. Kantor yang memiliki tanaman, karyawannya akan merasa lebih santai dan lebih mampu berkonsentrasi sehingga produktivitasnya meningkat.

4. Meningkatkan kelembapan

Di kantor biasanya pegawai menghabiskan waktu berjam-jam dalam ruangan yang terpapar AC. Paparan AC dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit kering dan terkelupas. Salah satu cara untuk menjaga kelembapan udara adalah dengan menanam tumbuhan di dekat meja kerja.

Meletakkan tanaman di ruangan dapat meningkatkan kelembapan udara yang ada di sekitarnya. Selain itu tanaman juga bisa mengurangi tingkat debu yang ada di udara. Tanaman yang diletakkan di dekat meja kerja juga dinilai mengatasi masalah kulit kering.


Baca juga artikel terkait TANAMAN atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight