4 Kebakaran di DKI Hari Ini, Gardu Induk Kebon Jeruk di Antaranya

Oleh: Riyan Setiawan - 7 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran dan 70 personel berhasil memadamkan api yang membakar Gardu Induk Kebon Jeruk.
tirto.id - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI melaporkan terjadi kebakaran serentak di empat wilayah Jakarta pada hari ini, Kamis (7/10/2021).

Humas Dinas Gulkarmat DKI, Mulat Wijayanto mengatakan kebakaran pertama terjadi di gardu listrik milik PT PLN (Perser) yakni Gardu Induk Kebon Jeruk yang ada di Jalan Gili Sampeng, RT. 001/04, Kelurahan Kebon Jeruk, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada pukul 07.22 WIB.

Setelah menerima laporan, petugas pemadam kebakaran sektor Kebon Jeruk menerjunkan sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran dan 70 personel yang tiba pukul 07.28 WIB. Mereka mulai berupaya memadamkan api pukul 07.32 WIB, lalu melokalisir tempat kejadian.

Akhirnya petugas berhasil memadamkan api pukul 08.30 WIB.

"Dugaan penyebab kebakaran akibat kerusakan instalasi," kata Mulat melalui keterangan tertulisnya.

Kebakaran juga terjadi pada sebuah bengkel di Jalan Radio Dalam Raya, Antena I Kelurahan Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada pukul 09.30 WIB.

Petugas pemadam kebakaran dari Pos Walikota Jakarta Selatan menerjunkan sebanyak 42 personel dengan 9 unit mobil damkar dan langsung menuju lokasi sekira pukul 09.34 WIB.

"Waktu selesai operasi pukul 10 pagi," ucapnya.

Selanjutnya terjadi kebakaran di kawasan perumahan di Jalan Lagoa Kanal RT 08,09,10 RW 02 Kelurahakan Kebon Bawang, Tanjung Priuk, Jakarta Utara pada pukul 10.35 WIB.

Usai menerima laporan dari warga, petugas damkar dari Pos Walikota Jakarta Utara mengerahkan sebanyak 95 personel dengan 19 unit kendaraan, tiba pukul 10.44 WIB.

Sebanyak 19 unit kendaraan pemadam kebakaran dengan 95 personel langsung melokalisir kejadian dan melakukan pendinginan selama dua jam lebih.

Akhirnya si jago merah berhasil dipadamkan pada pukul 14.50 WIB.

"Terdapat korban bernama Hafiz berusia 22 tahun, jatuh dari atap saat membantu Pemadaman. Saat ini dibawa ke RSUD Koja," tuturnya.

Kebakaran pada hari ini juga terjadi di sebuah rumah kosong di Jl. Bendungan Asahan 3 RT.004/02 No.96, Kelurahan Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat pukul 12.48 WIB, luas bangunan 2x3 meter.

Setelah mendapatkan laporan dari warga, petugas dari Pos Bendungan Hilir menerjunkan delapan personel dengan dua unit mobil dan tiba pukul 12.56 WIB.

Petugas yang tiba pun langsung melokalisir lokasi kejadian dan empat menit kemudian berhasil melakukan pendinginan.

Petugas selesai melakukan operasi sekitar pukul 13.08 WIB. "Penyebab kebakaran diduga karena puntung rokok," terangnya.


Baca juga artikel terkait KEBAKARAN atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto
DarkLight