4 Jenis Sepatu yang Aman Dipakai Saat Hamil: Kasual Hingga Ortopedi

Oleh: Destri Ananda Prihatini - 7 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jenis sepatu yang aman dipakai untuk ibu hamil, mulai dari model sepatu sandal hingga model ortopedi.
tirto.id - Ada beragam perubahan bentuk tubuh ketika masa kehamilan. Selain ukuran perut yang semakin membesar, masalah pada kaki juga bisa jadi persoalan.

Ketika hamil, pergelangan kaki menjadi bengkak dan seringkali membuat wanita frustasi.

Dilansir dari kidshealth, cairan ekstra dalam tubuh dan tekanan dari Rahim yang tumbuh dapat menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki dan kaki selama kehamilan.

Wanita hamil cenderung tidak dapat menggunakan alas kaki yang tinggi ketika beraktivitas seharian. Hal ini dapat membahayakan janin di dalam perut.

Karenanya, wanita yang sedang hamil perlu memilih alas kaki yang ringan dan nyaman digunakan agar tidak menimbulkan nyeri atau memperparah pembengkakan di kaki.

Kenyamanan kaki juga perlu diperhatikan dan diutamakan ketika memilih sepatu yang akan dipakai saat masa kehamilan. Berikut beberapa rekomendasi sepatu yang aman dan nyaman dipakai untuk wanita hamil.

1. Sepatu Sandal

Sepatu sandal merupakan alas kaki yang paling praktis untuk dipakai ketika sedang masa kehamilan.

Ada beragam model sepatu sandal yang menarik dan tampil gaya. Sepatu sandal dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membuat kaki bernapas.

Menurut laman anklefootmd, sepatu sandal dapat menjaga kaki tetap kering dan terhindar dari lembab.

Sepatu sandal juga sangat fleksibel untuk digunakan dalam kondisi apapun, bisa untuk pergi jalan-jalan, ke mall, ke swalayan, ataupun ke pantai.

Berjalan santai menjadi nyaman ketika memakai sepatu sandal. Alasnya yang rata memungkinkan sandal untuk dipakai dalam berbagai kondisi.

2. Sepatu Kasual

Sepatu kasual terdiri dari berbagai model dan sangat nyaman digunakan selama masa kehamilan. Sepatu kasual dapat memberikan kesan feminin bagi penggunanya.

Sepatu ini juga memudahkan kaki untuk bergerak. Kaki pun menjadi aman dan terlindung ketika beraktivitas di luar ruangan seharian.

3. Sepatu Atletik

Sepatu atletik juga menjadi pilihan yang tepat saat masa kehamilan. Jenis sepatu atletik seperti sneakers akan menampilkan kesan sporty.

Sepatu dengan tali ini ringan dan berbahan kuat serta elastis sehingga nyaman dipakai untuk berjalan kaki dan berdiri dalam waktu lama.

Sepatu sneakers juga dapat digunakan dalam kondisi resmi. Dikutip dari livestrong, sepatu atletik dapat mencegah terjadinya cedera karena memberikan bantalan midsole kaki yang besar dan melengkung.

4. Sepatu Ortopedi

Sepatu ortopedi memiliki bentuk yang cocok digunakan oleh wanita ketika masa kehamilan. Sepatu ortopedi identik dengan sepatu orang lanjut usia yang memiliki masalah medis.

Namun, wanita hamil juga bisa menggunakan sepatu ini lantaran nyaman dan menyembuhkan beberapa masalah di kaki.

Dikutip dari pedors, sepatu ortopedi merupakan sepatu yang didesain khusus untuk mendukung atau mengakomodir mekanik dan struktur kaki, pergelangan kaki serta betis kaki.

Sepatu ortopedi memiliki lebar yang ekstra dan bagian atasnya dapat memperbaiki masalah kaki depan.

Selain itu, sepatu ortopedi memiliki bantalan kaki yang empuk dan terbuka di bagian belakang sehingga menyediakan ventilasi dan nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama.


Baca juga artikel terkait SEPATU HAMIL atau tulisan menarik lainnya Destri Ananda Prihatini
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Destri Ananda Prihatini
Penulis: Destri Ananda Prihatini
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight